Aktivis Gereja Bubarkan Demonstran dengan Air Suci

Internasional / 2 May 2012

Kalangan Sendiri

Aktivis Gereja Bubarkan Demonstran dengan Air Suci

daniel.tanamal Official Writer
4185

Para aktivis dari sebuah organisasi kepemudaan yang mendukung gereja ortodoks Rusia, membubarkan para demonstran yang menentang pemerintahan Vladimir Putin. Demonstran yang sebagian besar adalah kelompok punk itu bahkan mendapat kekerasan fisik dan sempat disiram air suci sebagai bentuk agar mereka bertobat.

Sebelumnya pemimpin pemuda anti-Kremlin Roman Dobrokhotov ditangkap aparat kepolisian setempat, hanya beberapa meter dari gereja ortodoks, tempat dimana kelompoknya akan melakukan demonstrasi. Sementara itu aktivis lainnya Maria Baronova dihentikan oleh aktivis pendukung gereja ortodoks yang dikenal militan. Yaitu Union of Orthodox Banner Bearers.

Kelompok militan ini dikenal karena gerakannya menentang gay, memprotes acara Madonna di Rusia dan pembakaran buku-buku Harry Potter. Sayangnya mereka bertindak kelewatan dengan memukuli para demonstran, hingga menyiram mereka dengan air suci yang biasa dipakai untuk sakramen gereja.

Kekerasan fisik ini memunculkan kecurigaan dari kelompok oposisi dan anti-Kremlin bahwa pemerintah menggunakan para hooligans (suporter garis keras sepakbola yang kerap bertindak anarkis) berbadan kekar, agresif dan kerap melakukan tindak kekerasan jalanan untuk menjadi anggota pendukung gereja ortodoks tersebut.

Para penentang pemerintah memang menggunakan gereja sebagai tempat demonstrasi dengan melakukan serangkaian doa yang meminta agar Vladimir Putin cepat diganti. Karena demonstrasi itu, minggu lalu salah seorang demonstran dari grup band punk Pussy Riot ditangkap polisi. Karena penangkapan inilah, gelombang demonstrasi bertambah banyak, yang berbuah gesekan dengan aktivis gereja itu.

Seharusnya para aktivis gereja tersebut melakukan pendekatan yang persuasif. Sehingga keberadaan mereka menjadi contoh, bahkan dapat menggiring dan mendidik demonstran untuk lebih mengutamakan komunikasi dialogis.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami