Bangkitnya Generasi Emas Indonesia, Tema Hardiknas 2012

Nasional / 1 May 2012

Kalangan Sendiri

Bangkitnya Generasi Emas Indonesia, Tema Hardiknas 2012

daniel.tanamal Official Writer
5319

Besok 2 Mei 2012 adalah peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tema besar “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia” pun di jadikan sebagai tajuk utama untuk menerjemahkan target dan misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi generasi Indonesia dimasa mendatang.

“Tahun sekarang adalah tahun menanam (generasi emas), investasi,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Senayan, Jakarta, Senin (30/4). menurutnya tema Hardiknas 2012 itu disesuaikan dengan rencana besar Kemdikbud untuk mempersiapkan generasi emas 100 tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2011, jumlah penduduk Indonesia 2010 usia muda lebih banyak dibandingkan dengan usia tua. Dalam data itu terlihat, jumlah anak kelompok usia 0-9 tahun sebanyak 45,93 juta, sedangkan anak usia 10-19 tahun berjumlah 43,55 juta jiwa. Pada 2045, mereka yang usia 0-9 tahun akan berusia 35-45 tahun, sedangkan yang usia 10-20 tahun berusia 45-54. Nuh menilai, pada usia-usia itu yang memang memegang peran di suatu negara.

Menurut Nuh, pemerintah telah menyiapkan grand design pendidikan. Pendidikan anak usia dini digencarkan dengan gerakan PAUD-isasi, peningkatan kualitas PAUD, dan pendidikan dasar berkualitas dan merata. Selain itu, pembangunan dan rehabilitasi sekolah dan ruang kelas baru dilakukan secara besar-besaran, serta intervensi khusus untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) siswa SMA/sederajat, pendidikan menengah universal.

Diharapkan atas program tersebut, terbentuk generasi yang cerdas komprehensif, antara lain produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan berperadaban unggul.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami