Bocah 5 Tahun Dipenjarakan

Nasional / 30 April 2012

Kalangan Sendiri

Bocah 5 Tahun Dipenjarakan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3720

Sungguh malang nasib bocah India ini, di usianya yang masih lima tahun dia harus terpisah dari orangtuanya dan baru dapat kembali berkumpul bersama orangtuanya setelah setahun lebih dipenjarakan di Bangladesh. Ariful Sheikh, nama bocah itu, ditangkap oleh polisi perbatasan bersama kakek dan neneknya saat mencoba masuk secara illegal ke Bangladesh.

Ariful bersatu kembali dengan kedua orangtuanya di negara bagian Benggala Barat, India pada Minggu (29/4) kemarin. Kepada media, bocah ini mengaku sangat senang bisa kembali berkumpul dengan orangtuanya. "Saya berada di satu penjara di Bangladesh. Saya senang bisa bersama orangtua saya," kata Ariful kepada saluran berita India, NDTV, saat ia diserahkan kepada ayah dan ibunya di pos pemeriksaan Gede di perbatasan.

Drama ini bermula ketika Ariful kecil ikut menemani kakek dan neneknya menemui kerabat mereka di perbatasan Bangladesh secara illegal. Karena terbukti bersalah, kakek dan neneknya dijatuhi hukuman dua bulan di penjara Kustia dan Ariful kecil terpaksa menemani masa hukuman kakek neneknya itu. "Ariful, yang berusia lima tahun, tidak dihukum, tapi karena ia datang bersama kakek-neneknya, ia harus menghabiskan waktu di dalam penjara bersama mereka," kata Kepala Sipir Penjara, Omar Faruq kepada AFP.

Walaupun mendapat vonis dua bulan penjara, kenyataannya Ariful dan kakek-neneknya mendekam lebih  lama di penjara karena prosedur yang berbelit. "Mereka harus mendekam selama 11 bulan lagi di penjara karena diperlukan waktu untuk memperoleh konfirmasi dari para pejabat India bahwa mereka memang warga negara India," kata Omar.

Penjara bukanlah tempat yang baik untuk anak kecil karena bisa menyebabkan trauma, hal ini akan sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya terutama dalam hal psikologinya. Semoga Ariful dapat terbebas dari hal ini dan dapat tumbuh sempurna baik secara fisik maupun psikologis.

Sumber : kompas,AFP/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami