Ajak Anak untuk Mencintai Alam

Parenting / 29 April 2012

Kalangan Sendiri

Ajak Anak untuk Mencintai Alam

daniel.tanamal Official Writer
3885

Begitu kreatifnya sang buah hati dalam bermain dan rasa penasarannya yang begitu tinggi terhadap hal-hal baru, tentu membuat kita kerap jengkel dan terganggu jika mereka ikut atau menyentuh sesuatu yang sedang kita kerjakan.

Seperti dalam hal kecil, ketika Kita sedang bercocok tanam, atau sedang di pekarangan, sang anak terkadang mencabuti bunga ataupun tanaman. Jangan marahi mereka, namun ini kesempatan yang bagus untuk menumbuhkan kecintaan si kecil pada alam. Berikut beberapa ide sederhana yang sangat aplikatif untuk Anda terapkan pada si kecil:

  1. Ganti tujuan rekreasi seperti mal atau pusat hiburan permainan anak dengan tempat yang lebih dekat dengan alam seperti pantai, kebun teh, kebun binatang, dan sejenisnya.
  2. Berpetualang di hutan. Tidak perlu hutan belantara sungguhan, tempat-tempat seperti Kebun Raya Bogor atau Taman-taman Nasional cukup representatif untuk memperkenalkan hutan pada anak.
  3. Berkebun. Beri ia kesempatan untuk ‘main tanah’ sedikit. Toh, setelahnya Anda bisa langsung memandikannya.
  4. Melihat awan dengan berbagai bentuk dapat juga menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak sekaligus mengenali awan sebagai bagian dari alam. Jika dia sudah bisa bicara, Anda bisa mengajaknya menebak bentuk awan yang diamati.
  5. Menyediakan akuarium kecil lengkap dengan ikannya. Biarkan ia turut memberi makan. Usahakan Anda menyediakan akuarium yang ada penutupnya mengingat si kecil masih suka memasukkan tangan ke dalam akuarium.
  6. Terutama pada hari-hari khusus, seperti pada pekan lalu yaitu Hari Bumi, ajaklah mereka ke lokasi wisata dengan konsep alam, atau acara lepas mengenai alam.
Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami