Negara Paling Religius Dipegang Oleh Filipina

Spirituality / 28 April 2012

Kalangan Sendiri

Negara Paling Religius Dipegang Oleh Filipina

Contasia Christie Official Writer
290

Baru-baru ini dilakukan penelitian manakah negara yang paling religius sedunia? Menurut hasil jajak pendapat kelompok NORC dari Universitas Chicago, Amerika menyatakan bahwa Filipina merupakan negara berpenduduk terbanyak yang percaya kepada Tuhan atau Allah. Karena itulah, Filipina juga dianggap sebagai negara paling religius di dunia. Penelitian itu menyebutkan bahwa 94 persen warga Filipina mengatakan mereka selalu percaya kepada Tuhan.

Setelah Filipina, Cile menempati urutan kedua dengan 88 persen warganya percaya kepada Tuhan. Posisi ketiga diraih oleh Amerika, dengan 81 persen. Secara umum jajak pendapat ini menemukan kecenderungan keyakinan akan adanya Tuhan atau Allah di seluruh dunia, kecuali di Rusia, Slovenia, atau Israel.

Menurut Tom Smith, yang menulis laporan hasil penelitian bertajuk Belief about God Across Time and Countries, kuatnya keyakinan akan adanya Tuhan ditemukan pada orang-orang berusia tua. “Mungkin ini sebagai respons untuk mengantisipasi kematian,” kata Smith.

Lantas, negara manakah yang mempunyai presentasi terkecil percaya pada Tuhan. Negara itu adalah negara bekas Jerman Timur, Republik Cek, dimana hanya sekitar 20 persen penduduknya yang percaya. Adapun penganut ateis terbesar ditemukan di negara-negara Skandinavia dan bekas Uni Soviet, kecuali Polandia.

Jajak pendapat yang diadakan di 30 negara yang mayoritas penganut Kristen ini telah dilakukan sejak 1991. Yang terpenting selain menjadi seseorang yang percaya kepada Tuhan adalah menjadikan diri kita serupa dengan Allah yang kudus, penyayang, dan penuh kasih, agar lebih banyak lagi orang yang percaya kepada-Nya karena apa yang kita pancarkan.

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami