Yuk Berperan Aktif Kembangkan Potensi Pasangan

Single / 26 April 2012

Kalangan Sendiri

Yuk Berperan Aktif Kembangkan Potensi Pasangan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5889

Dibalik kesuksesan orang hebat, selalu ada orang hebat lainnya yang setia mendukung. Pernah kah Anda membayangkan jika andalah orang dibalik kesuksesan pasangan anda? Yaa, pasangan anda pun bisa menjadi pribadi yang lebih baik jika anda bertindak aktif mendukungnya. Berikut langkah demi langkah untuk membantu pasangan anda menjadi pribadi yang lebih baik atau bahkan mencapai prestasi yang luar biasa :

Cari Tahu Kesukaannya, Tunjukan Potensinya

Passion seseorang biasanya tidak jauh dari apa yang menjadi kesukaannya, untuk itu cara pertama untuk membuat seseorang mengeluarkan potensi terbaiknya adalah mengetahui apa yang menjadi kesukaannya. Keakraban dalam komunikasi akan membuat kita bisa menemukan “harta karun” pasangan kita tersebut.

Beri Arahan

Salah satu alasan seseorang tidak mengembangkan talentanya adalah karena dia tidak tahu harus bagaimana. Disinilah kita harus berperan aktif untuk mengarahkan pasangan agar bisa mengembangkan talenta atau potensinya tersebut. Berikan informasi terkait potensinya tersebut serperti tempat kursus, informasi perlombaan, orang-orang yang sukses dengan potensi yang sama dengannya dan lain sebagainya. Buatlah dia sadar betapa berharganya talenta yang telah Tuhan berikan kepadanya dan bagaimana dia harus bertanggung jawab untuk mengembangkan talenta tersebut sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan.

Beri Dukungan

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk dukungan, entah itu dukungan waktu, materi, inspirasi dan lain sebagainya. Misal pasangan kita memiliki potensi di bidang seni lukis, kita bisa membantunya dengan memberikan ide-ide kreatif dan menemaninya selama dia sedang melukis, dukungan materi bisa kita lakukan dengan memberinya hadiah berupa perlengkapan lukis. Antusiasme kita ini akan membuat pasangan menjadi lebih percaya diri dan makin semangat untuk bisa berkarya lebih baik lagi.

Buatlah Skenario

Skenario disini adalah membuat sebuah keadaan dimana kita memberinya kepercayaan untuk mengerjakan sebuah tugas atau tanggung jawab yang sesuai dengan potensi pasangan kita itu. Hal ini akan membuat pasangan kita menjadi lebih mengenal dan percaya diri pada kemampuannya itu.

Beri Penghargaan

Seseorang sering mengukur kesuksesannya dengan membandingkannya dengan kesuksesan orang lain, hal ini seringkali membuat orang tersebut kehilangan kepercayaan dirinya dan mulai putus asa. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus bersikap bijaksana dengan mengukur keberhasilan pasangan dan memberinya penghargaan berdasarkan apa yang telah dia capai dan bukan berdasarkan apa yang belum dia capai, namun juga ingatkan dia untuk tidak mudah berpuas dengan apa yang sudah diraihnya tersebut dan menggali potensi lebih lagi.

Jadi Teladan

Perbuatan berbicara lebih banyak daripada kata-kata. Kita bisa menghabiskan waktu kita untuk memotivasi orang lain agar memaksimalkan potensi yang dimilikinya, namun hal itu akan sia-sia jika kita sendiri tidak melakukan hal yang sama. Jadilah pribadi yang memberi inspirasi tidak hanya lewat kata-kata, melainkan lewat perbuatan dan tingkah laku kita (1 Timotius 4:12-13).

Tidak hanya kepada pasangan, hal ini pun dapat kita lakukan terhadap orang lain yang berada di sekitar kita seperti saudara, teman, sahabat dan lain-lain. Dengan terus melakukan hal ini, sesungguhnya kita juga sedang mengembangkan diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan menginspirasi hidup orang lain.

Sumber : jawaban.com/vinacahyonoputri
Halaman :
1

Ikuti Kami