Gunung Lokon Meletus, Aktivitas Vulkanik Meningkat!

Nasional / 24 April 2012

Kalangan Sendiri

Gunung Lokon Meletus, Aktivitas Vulkanik Meningkat!

daniel.tanamal Official Writer
3329

Pukul 11.21 Wita  sesaat yang lalu, Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara meletus. Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Lokon mulai terlihat sejak Senin pukul 15.00. Hingga Selasa pukul 09.00 tercatat sekitar 180 kali gempa vulkanik. Tinggi letusan tidak diketahui karena tertutup awan.

"Letusan kali ini cukup kuat, diiringi dengan bunyi gemuruh yang kuat pula. Pijakan kami sempat bergetar. Begitupun dengan tiang penyangga rumah dan kusen jendela dan pintu, ikut bergetar," kata Junike Agustin, warga Kelurahan Kinilow I, Kecamatan Tomohon Utara, Tomohon.

Menurut juru bicara Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, masyarakat masih belum perlu dievakuasi untuk mengungsi, meski petugas melarang untuk ada aktivitas dalam radius 2,5 km “Masyarakat belum perlu mengungsi. Masih ada potensi erupsi susulan,” ungkapnya.

Kini Petugas BNPB diinformasikan telah berada di lokasi untuk memberikan pendampingan kepada BPBD Sulut dan BPBD Kota Tomohon. Masyarakat diminta tetap tenang dan terus meningkatkan kesiapsiagaan. Mari kita doakan bersama agar kondisi tetap kondusif dan letusan ini tidak berdampak terhadap kehidupan masyarakat sekitar.

Sumber : kompas.com/vivanews/antara
Halaman :
1

Ikuti Kami