Bebas Sakit Jantung Dengan Menggosok Gigi

Fit & Charming / 18 April 2012

Kalangan Sendiri

Bebas Sakit Jantung Dengan Menggosok Gigi

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4149

Kesehatan gigi ternyata bisa mempengaruhi kesehatan jantung seseorang. Penyebabnya adalah bakteri Streptoccus gordonill yang berkeliaran di mulut, jika seseorang jarang gosok gigi maka bakteri ini akan menyebabkan pembekuan darah yang mengancam jiwa dan dapat memicu infeksi endokartidis, kondisi langka yang menyerang jantung.

Melihat pentingnya menggosok gigi, kita pun harus tahu bagaimana cara menggosok gigi yang benar :

Sikat gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dengan gusi.

Gerakan sikat dengan lembut dan memutar. Sikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah dengan posisi bulu sikat 45 derajat berlawanan dengan garis gusi agar sisa makanan yang mungkin masih menyelip dapat dibersihkan. Gunakan gerakan yang sama untuk menyikat bagian dalam permukaan gigi.

Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Gunakan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok. Biarkan bulu sikat membersihkan celah-celah gigi. Rubah posisi sikat gigi sesering mungkin.

Untuk membersihkan gigi depan bagian dalam, gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakkan perlahan ke atas dan bawah melewati garis gusi.

Sikat lidah untuk menyingkirkan bakteri dan agar napas lebih segar.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut karena yang keras dapat membuat gusi terluka dan menimbulkan abrasi pada gigi, yaitu penipisan struktur gigi terutama di sekitar garis gusi. Abrasi dapat membuat bakteri dan asam menghabiskan gigi karena lapisan keras pelindung enamel gigi telah terkikis. Selain itu kita juga harus mengganti mengganti sikat gigi secara berkala.

Selain menggosok sehabis makan dan sebelum tidur, menurut Anthony M. Iacopino, DMD, PhD, kepala fakultas kedokteran gigi di University of Manitoba, Kanada, kita perlu menggunakan obat kumur dan dental floss untuk memastikan kebersihan gigi. Selain menggosok gigi, kita juga harus memeriksakan gigi ke dokter secara berkala yang dilakukan setiap enam bulan sekali.

Gigi yang sehat akan membuat kita memiliki senyum yang menawan sehingga akan membuat kita lebih percaya diri saat tampil di hadapan orang lain. Mari investasikan waktu Anda untuk menjaga kesehatan gigi.

Sumber : tempo,prevention/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami