Kemendikbud Optimis Jawaban Ujian Nasional Tidak Bocor

Nasional / 16 April 2012

Kalangan Sendiri

Kemendikbud Optimis Jawaban Ujian Nasional Tidak Bocor

Puji Astuti Official Writer
2655

Santernya berita tentang kebocoran soal ataupun jawaban ujian nasional tingkat Sekolah Menengah Atas yang dimulai hari ini, Senin 16 April 2012 dibantah oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sampai hari ini belum ada isu bocor. Jumlah aduan juga sangat kecil kurang dari 20 aduan. Yang terakhir ada aduan adanya penyimpangan diketahui ada siswa yang membawa telepon seluler. Kami sudah kirim tim untuk penyelidikan lebih lanjut," demikian terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh saat melakukan sidak di SLBN 04 Jakarta Utara.

Senada dengan Nuh, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti yang melakukan sidak di Provinsi Yogyakarta menyatakan bahwa pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan evaluasi terhadap kejujuran dalam pelaksanaan ujian nasional yang nantinya akan dipublikasikan secara nasional.

"Hasil evaluasi itu memang pahit, tetapi jika tidak begitu maka tidak akan pernah ada perbaikan," demikian tegas Nuryanti.

Saat ini pihak Kemendikbud optimis pelaksanaan UN 2012 berjalan dengan baik dan jujur. Selain telah melakukan pengawasan ketat terhadap soal yang didistribusikan dan juga pada saat pelaksanaan, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Suyanto mengungkapkan bahwa pihaknya mengantisipasi kecurangan dengan membuat lima paket soal yang berbeda sehingga peserta sulit mencontoh satu sama lain.

Ujian nasional adalah evaluasi akhir dari proses belajar siswa yang seharusnya tidak menjadi momok baik bagi pelajar maupun pihak sekolah. Untuk itu menanamkan kejujuran dan integritas kepada para siswa sangat penting, karena hasil ujian nasional tersebut seharusnya menjadi tolak ukur bagi siswa didik dan juga sekolah akan hasil kerja kerasnya selama menjalani proses pembelajaran.

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : Antaranews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami