Mewariskan Teladan Pengabdian

Marriage / 14 April 2012

Kalangan Sendiri

Mewariskan Teladan Pengabdian

Lestari99 Official Writer
5455

Sebagai anak yang telah menikah, pengabdian kepada orangtua tetap menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalankan. Meskipun ketika menikah, banyak pasangan yang memilih untuk tinggal terpisah dari orangtua dalam membangun kehidupan berumahtangga. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk menjauhkan campur tangan orangtua dalam keluarga dan menghindari konflik di masa depan.

Namun ketika orangtua di usia senjanya mengalami sakit, sebagai anak Anda pun dituntut untuk mengabdi dan merawat orangtua Anda. Banyak pasangan yang memilih untuk menggunakan jasa panti jompo dalam mengatasi hal ini. Namun sesungguhnya, berada di tengah keluarga yang merawat dan melimpahinya dengan kasih sayang merupakan obat paling ampuh bagi kesembuhan orangtua Anda.

Tentu saja kerepotannya sungguh tak terbayangkan. Anda harus melibatkan seluruh anggota keluarga untuk melakukan tugas ini. Namun dengan melakukannya, selain Anda mengajarkan tanggung jawab besar kepada keluarga dan anak-anak Anda, hal yang jauh lebih penting lagi adalah Anda sedang mewariskan teladan pengabdian kepada anak-anak Anda.

Sebagai pasangan suami istri, mengambil keputusan ini tentu saja tidak mudah. Namun sebagai anak yang juga berperan sebagai orangtua bagi anak-anak Anda, keputusan ini merupakan jalan terbaik. Memiliki kerelaan hati dan banyak berkompromi dalam menjalankan tugas ini merupakan kunci awal menghindari konflik-konflik yang mungkin timbul di masa depan.

Tentu saja ketika Anda diperhadapkan dengan hal ini, akan ada banyak kesenangan dan keinginan pribadi Anda yang harus tertunda karena kesibukan Anda merawat dan menjaga orangtua yang sakit. Di saat itu, kesabaran dan keikhlasan Anda sangat diperlukan untuk menjauhkan Anda dari sungut-sungut dan keluh kesah.

Miliki kasih sayang yang tulus kepada orangtua, terutama bagi Anda yang kedudukannya sebagai menantu. Karena dalam kehidupan pernikahan, istilah orangtua dan mertua tidak berlaku dalam pengukuran besar kecilnya pengabdian dan kasih sayang. Keduanya harus memiliki porsi yang sama di hati Anda.

Kehadiran orangtua di tengah keluarga Anda adalah sebuah anugerah yang terindah. Kasih sayang Anda kepadanya mungkin merupakan hal terindah yang diterimanya sampai ajal menjemputnya. Suatu hal yang tak dapat dibeli oleh uang maupun harta yang paling mahal sekalipun.

Satu hari nanti, Anda berdua pun akan menjadi tua. Ketika Anda menempatkan orangtua sebagai anugerah terindah, yakinlah anak-anak Anda akan menempatkan Anda sebagai anugerah terindah di dalam hidup mereka. Karena nilai-nilai tersebut telah Anda tanamkan di dalam kehidupan mereka melalui teladan hidup Anda.

Sebagai pasangan suami istri, jangan jadikan kondisi merawat orangtua yang sakit ini sebagai sumber konflik, namun jadikan sebagai moment terbaik bagi Anda berdua untuk mewariskan teladan pengabdian kepada anak cucu Anda nantinya.

Sumber : Jawaban.Com - Lestari E.P.
Halaman :
1

Ikuti Kami