Setelah Digoncang Gempa, Aceh Kini Dilanda Banjir

Nasional / 15 April 2012

Kalangan Sendiri

Setelah Digoncang Gempa, Aceh Kini Dilanda Banjir

Puji Astuti Official Writer
4359

Jika Aceh beberapa minggu lalu sempat menjadi perhatian dunia karena diguncang gempa dasyat, maka minggu ini Aceh kembali mengalami bencana, yaitu banjir. Beberapa daerah bahkan mengalami banjir banding karena tindakan oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penebangan hutan secara ilegal untuk mengalih fungsikan hutan menjadi perkebunan.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) ada lima desa yang saat ini masih terisolasi, yaitu Pasie Tulak Bala, Rambong Payong, Pasie Pawang, Pasie Geulima, dan Pasie Timor.

Sedangkan desa-desa yang masih terendam banjir yaitu Gampong Baro, Paya Baro, Blang Baro, Teupian Ara, Tanah Anoe, Alue Ambang, Panton, Keude Teunom, Tanoh Manyang, Seumira, dan Pulo Tinggi.

Menurut berita yang dirilis oleh Kompas.com, hingga berita dirilis pada Minggu (15/4) pukul 14.50 WIB belum ada laporan adanya korban jiwa. Walau demikian saat ini tim penyelamat dan organisasi penanggulangan bencana bersama pemerintah daerah telah turun langsung ke lokasi bencana untuk memberikan pertolongan.

Bencana seperti gempa bumi mungkin tidak bisa dicegah, namun bencana seperti banjir bandang ini terjadi karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dan pada akhirnya menyebabkan kesengsaraan banyak orang. Mari cintai alam ini dan lestarikan bersama.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami