Telah Hadir Dream:ON, Aplikasi Pengatur Mimpi

Entertainment / 13 April 2012

Kalangan Sendiri

Telah Hadir Dream:ON, Aplikasi Pengatur Mimpi

Lestari99 Official Writer
6473

Mimpi saat tidur sedikit banyak mempengaruhi mood seseorang saat terjaga dari tidur. Sekelompok ilmuan pun terdorong untuk mengadakan penelitian tentang mimpi dan menciptakan alat untuk mengendalikan mimpi tersebut. Karena mimpi yang menyenangkan akan membuat seseorang bersikap positif dan lebih produktif keesokan harinya. Dan dari hasil penelitian ini lahirlah Dream:ON.

Dengan mengunduh secara gratis di App Store untuk perangkat iPhone, penggunanya dapat ‘menyetting’ mimpi. Mulai dari kawasan perkotaan, jalanan yang sibuk hingga petualangan luar angkasa yang dramatis. Professor Richard Wiseman, salah seorang ilmuan yang membantu mengembangkan game ini, percaya bahwa aplikasi ini mampu membantu mereka yang menderita kelainan tidur bahkan menyembuhkan mereka yang menderita depresi.

Aplikasi yang diberi nama Dream:ON ini memantau gerak orang yang tidur dan untuk mengetahui apakah orang tersebut telah mulai bermimpi. Sebelum tidur, pengguna memilih kapan waktu mereka bangun dan memilih skenario ideal untuk mimpi mereka. Kemudian ponsel diletakkan di kasur, idealnya dekat kepala. Saat malam tiba dan seseorang telah berada dalam kondisi tidur dimana otak ‘melumpuhkan’ badan, aplikasi akan menunggu sampai akhir dari periode ini, sebelum bangun. Saat itulah aplikasi bekerja memainkan soundscape, sehingga setting mimpi bisa disesuaikan.

Ketika mimpi berakhir, aplikasi membangunkan pengguna dalam hitungan satu menit, untuk meningkatkan peluang mengingat mimpi tersebut. Dengan demikian pengguna bisa merekam mimpi mereka dan submit deskripsi mimpi itu ke database secara online. Sejumlah sounscape didesain untuk meningkatkan ‘lucid dreaming’, saat pengguna yang sedang tidur tersadar dan mimpi mereka tidak mempengaruhi apa yang terjadi.

Mimpi memang masih merupakan salah satu misteri terbesar dalam kehidupan manusia. Bahkan menjadi salah satu fokus penelitian dari seorang psikolog terkenal, Sigmund Freud, yang antara lain menjelaskan mimpi sebagai pikiran bawah sadar manusia. Meskipun saat ini baru tersedia di iPhone, namun para pengembangnya mengatakan akan mempersiapkan aplikasi ini untuk Android dalam beberapa waktu mendatang.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami