Percayakah Wanita Cantik Ini Adalah Robot?

Nasional / 12 April 2012

Kalangan Sendiri

Percayakah Wanita Cantik Ini Adalah Robot?

Lois Official Writer
4675

Sebuah perusahaan Jepang berhasil menciptakan robot yang memiliki 65 ekspresi wajah. Robot yang diberi nama Geminoid F ini mampu berbicara, bernyanyi, maupun tersenyum. Uniknya lagi, robot ini dibuat sangat mirip dengan gadis di dunia nyata pada umumnya.

Geminoid F juga mampu membuat ekspresi penasaran. Ekspresi-ekspresi tersebut bisa tercipta berkat actuator yang berada di bawah ‘kulit’ karetnya. Geminoid F ini bahkan mampu menggerakan alis dan mulutnya layaknya manusia biasa. Sungguh suatu teknologi yang mumpuni, bukan?

Robot ini diproduksi oleh Hiroshi Ishiguro yang merupakan perancang robot kenamaan dari Osaka University. Mengingat Ishiguro pernah membuat robot seharga US4 1.2 juta (Rp 10.98 miliar), robot ini termasuk murah karena dibuat dengan modal US$ 110 ribu atau sekitar Rp 1.006 miliar. Ishiguro mengatakan bahwa waktunya meyakinkan manusia bahwa robot pun manusia akan segera tiba.

Manusia mungkin bisa membuat robot yang menyerupai manusia, bahkan ketika robot yang dibuat sangat mirip dan bahkan mungkin tidak dapat dibedakan lagi nanti di masa depan, namun satu hal yang pasti, apa yang ada di dalam diri manusia yaitu pikiran, hati, dan jiwa serta roh tidak ada di dalam robot manapun.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami