Sudah Kuputuskan, Aku Suka

Kata Alkitab / 10 April 2012

Kalangan Sendiri

Sudah Kuputuskan, Aku Suka

Lois Official Writer
7425

Suatu hari, datanglah seorang kakek dan harus masuk ke panti jompo. Selama ini, hidupnya penuh dengan keteraturan, dia juga berselera tinggi dan bangga akan dirinya sendiri. Setiap hari sejak jam 8 pagi, rambutnya sudah teratur rapi meskipun dia buta. Tentu tak mudah bagi kakek yang berumur 92 tahun itu untuk masuk ke tempat dan lingkungan yang baru dalam keadaan tidak bisa melihat seperti itu.

Istrinya yang berumur 70 tahun baru-baru ini meninggal, karena itu tidak ada lagi yang mau mengurusnya. Anak-anaknya sibuk dan sudah mempunyai kehidupan masing-masing. Maka, dia pun menunggu selama beberapa jam di lobi hingga kamarnya siap digunakan.

Ketika dia berjalan mengikuti penunjuk jalan ke elevator, aku menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil, termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya. “Saya menyukainya,” katanya dengan antusias seperti seorang anak kecil berumur 8 tahun yang baru saja mendapatkan seekor anjing. “Pak, Anda belum sampai ke kamar itu, bagaimana Anda bisa langsung suka?”

Jawabannya membuatku melihat dunia ini dengan berbeda. “Hal itu tidak ada hubungannya. Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan dari awal. Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak. Bukan tergantung dari bagaimana perabotannya diatur tapi tergantung dari bagaimana aku mengatur pikiranku. Aku sudah memutuskan, aku menyukainya.” kata kakek itu.

Kita semua punya pilihan. Kita bisa menghabiskan sepanjang hari dengan bersungut-sungut atau mau menghabiskannya dalam diam dengan penuh ucapan syukur. Kita bisa menyalahkan Tuhan atas penyakit yang kita derita atau bersyukur karena banyak bagian lainnya yang begitu sehat. Kita bisa saja menangis seharian karena masalah yang kita hadapi tapi kita pun bisa memilih untuk menyerahkannya ke dalam tangan Tuhan. Semuanya kita sendiri yang menentukan, karena itu pilihlah yang terbaik yang ada.

Sumber : renungan-harian.com/lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami