Ingin Dihargai? Berintegritaslah !

Career / 6 April 2012

Kalangan Sendiri

Ingin Dihargai? Berintegritaslah !

Budhi Marpaung Official Writer
4727

Sebagai seorang karyawan, Anda tentu ingin dihargai oleh atasan, rekan kerja, maupun bawahan Anda. Namun, seringkali Anda lupa bahwa justru faktor dari dalam diri sendirilah yang menentukan Anda akan mendapatkan hal itu atau tidak. Salah satu faktor dari dalam diri sendiri yang membantu Anda akan dihargai oleh orang lain adalah integritas Anda. 

Integritas bukan berbicara tentang kecerdasan atau pun kepiawaian Anda dalam bidang-bidang tertentu, melainkan tentang diri Anda sendiri secara utuh. Pada integritas, terdapat kejujuran, kebertanggungjawaban, dan kepercayaan. Anda tidak bisa memisahkan ketiganya menjadi satu-satu karena ketiganya pada dasarnya adalah satu.

Seorang yang berintegritas tidak akan pernah mencari perhatian dari orang lain atau pun meminta-minta kenaikan jabatan. Mengapa? Karena tanpa memohon pun, orang lain akan memberikan semua itu kepada dia.

Integritas lebih banyak bekerja di waktu-waktu yang tak terlihat oleh siapa pun juga. Ia nyata ketika Anda sedang melaksanakan sendiri tugas kantor pribadi Anda atau pun saat mengisi laporan biaya pengeluaran yang menggunakan uang kantor. Integritas tidak takut dengan apa yang ada di luar dirinya, tetapi ia justru sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kasih dan kebenaran yang tertanam di dirinya.

Oleh sebab itulah mengapa integritas begitu dihormati. Peranannya yang sangat penting di dalam diri seseorang menjadikannya bernilai tinggi di mata siapa pun juga. Jadi, tak heran ketika seorang karyawan dikenal berintegritas, ia akan dihargai oleh seluruh orang yang ada disekitarnya, termasuk juga pesaingnya. Pertanyaannya sekarang, maukah Anda dihargai oleh orang-orang di kantor Anda tanpa ada terkecuali? jika iya maka berintegritas lah !

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami