Komputer Pendeteksi Kebohongan Via Mata

Nasional / 4 April 2012

Kalangan Sendiri

Komputer Pendeteksi Kebohongan Via Mata

Lois Official Writer
4384

Di tangan ilmuwan Universitas Buffalo, komputer biasa dapat dibuat menjadi pendeteksi kebohongan, sama seperti adegan dalam film 2001 : A Space Odyssey. Tim ilmuwan tersebut menghasilkan sebuah software yang memungkinkan sebuah komputer mengikuti gerak mata. Dari gerak mata itulah apakah seseorang mengatakan kebenaran atau kebohongan.

Seperti dilansir dari laman Gizmag, program komputer tersebut mampu dengan tepat membongkar kebohongan dengan tingkat akurasi 82,5 persen, sedangkan menurut para peneliti, seorang interrogator terlatih hanya mampu menghasilkan rata-rata kesuksesan 65 persen saja.

Sebuah garis dasar diciptakan dengan menganalisis pola gerakan mata ketika pembicara mengatakan yang sebenarnya. Ketika ditanya apakah dia mencuri cek atau tidak, komputer akan menarik analisa dari gerakan matanya. “Apa yang ingin kami pahami adalah apakah ada perubahan sinyal yang dipancarkan oleh orang-orang ketika mereka berbohong, dan mesin dapat mendeteksi mereka?” kata asisten professor Ifeoma Nwogu. “Jawabannya adalah ya, dan ya,” katanya.

Pada akhirnya, kebohongan akan terbongkar juga dan teknologi dapat menjadi alat pembantu yang mengungkap kebohongan itu. Jujurlah dalam segala tingkah lakumu dan segalanya akan baik-baik saja.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami