Survei : Tanpa Smartphone Semalam, Hidup Lebih Bahagia

Nasional / 2 April 2012

Kalangan Sendiri

Survei : Tanpa Smartphone Semalam, Hidup Lebih Bahagia

Lois Official Writer
4096

Saat ini, kita melihat banyak orang yang menggunakan smartphone seperti Blackberry, iPhone, maupun sejumlah ponsel pintar lainnya dimanapun kita berada. Bahkan di malam hari dan juga di akhir pekan, keinginan untuk melirik smartphone sepertinya menjadi hal tak tertahankan, mungkin kita salah satu orang yang melakukannya. Namun, hasil survei ini akan membuat Anda terkejut.

Survei dari Harvard Business School yang disebut PTO (Predictable Time Off) ini dilakukan pada 1.400 karyawan dari Boston Consulting Group (BCG) selama tiga tahun. Profesor Leslie Perlow terinspirasi melakukan studi ini setelah menemukan 26% karyawan tidur bersama smartphone mereka di samping tempat tidur. Survei ini melarang mereka untuk memeriksa smartphone selama satu malam dalam sepekan.

Awalnya, manajer BCG mengkuatirkan percobaan ini akan mempengaruhi kualitas pekerjaan BCG. Namun, hasilnya membuktikan sebaliknya. Setelah survei itu dilakukan, peningkatan kebahagiaan dan kinerja di tempat kerja pun meningkat. Hasil studi menemukan, mereka yang memilih mematikan smartphone menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan mulai membuat rencana masa depan untuk kehidupan sosial, bukan tanpa henti membatalkan ataupun repot-repot dengan hal itu.

Terlalu tergantung sama sesuatu hal, sama tidak baiknya seperti terlalu banyak makan atau hal-hal seperti itu. Jika Anda merasa Anda pun seperti itu, cobalah untuk tidak membuka smartphone Anda selama satu malam dalam sepekan. Dengan begitu, siklus ketergantungan pada gadget pun akan patah dan Anda dapat mempunyai kehidupan yang lebih efektif dan bermanfaat.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami