Rahasia Kebaikan Air Bagi Bagian Tubuh Anda

Solusi Sehat / 26 March 2012

Kalangan Sendiri

Rahasia Kebaikan Air Bagi Bagian Tubuh Anda

Lestari99 Official Writer
4733

Air menjadi kebutuhan primer bagi setiap umat manusia kaena manusia tidak dapat hidup tanpa air. Bahkan 70% tubuh kita terdiri dari air. Jangan pernah sepelekan arti air bersih dalam hidup Anda. Berikut adalah rahasia kebaikan air bagi bagian tubuh Anda.

Suhu Tubuh

Suhu tubuh secara menyeluruh tergantung pada kandungan cairan tubuh yang masuk dan keluar sebagai keringat.

Otak

Otak adalah salah satu faktor kunci untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh Anda, terutama melalui suatu bagian yang disebut hipotalamus. Hipotalamus dapat mendeteksi apabila Anda mengalami dehidrasi dengan cara membantu jantung untuk mengukur volume, kepadatan, dan konsentrasi dari darah Anda yang disebut sebagai osmolaritas. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa rasa haus ini muncul setelah manusia kehilangan 1 - 2% berat badannya dalam cairan tubuh. Ini artinya saat Anda merasa haus, Anda sudah mengalami dehidrasi. Selain itu, karena bertambahnya usia, osmolaritas darah Anda semakin tinggi secara alami, sehingga otak Anda menunggu lebih lama lagi untuk memicu rasa haus.

Otot

Saat berolahraga, otot-otot Anda bekerja lebih keras dan membutuhkan darah untuk menghantarkan lebih banyak oksigen dan zat lain yang diperlukan. Jika zat yang dihantarkan pada otot tidak mencukupi, maka otot dan tendon akan kehilangan kemampuan untuk bekerja, bahkan cenderung lebih rentan untuk robek. Otot-otot Anda mengandung 75,6% air sehingga dehidrasi dapat mengurangi fleksibilitas dari serat otot Anda. Untuk mencegah cedera dan stress otot, pastikan Anda minum sebelum, saat, dan sesudah berolahraga.

Jantung

Jantung berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh Anda. Saat Anda dehidrasi, kandungan dan volume air dalam darah berkurang. Hal ini membuat jantung kesulitan untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk menghantarkan jumlah gizi dan oksigen yang dibutuhkan. Jantung tidak hanya memompa namun juga memonitor perubahan yang terjadi pada volume darah Anda. Jadi penting sekali bagi Anda untuk mengkonsumsi air minum secukupnya agar darah pada tubuh Anda tetap mengalir

Paru-paru

Tahukah Anda bahwa setiap saat Anda bernafas, Anda juga menghembuskan uap air. Saat tubuh sedang beristirahat, Anda bernafas 12 kali per menit. Pada kondisi ini, Anda menghembuskan 12,5 ml air per jam. Saat berolahraga, siklus pernafasan Anda meningkat antara 35 hingga 70 kali per menit, yang berarti sekitar 50ml uap air akan dihembuskan dalam satu jam. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, termasuk saat Anda tidak berolahraga, maka Anda harus membiasakan untuk minum.

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan sangat memerlukan cairan tubuh agar nutrisi yang dikandung pada makanan dapat diserap secara maksimal.

Ginjal

Ginjal Anda adalah dua organ berbentuk kacang di bagian belakang Anda, tepat di bawah tulang rusuk. Ginjal mengontrol volume dan komposisi darah Anda seperti sepasang saringan yang sangat penting dan baik dalam mengolah limbah dan untuk menghilangkan kelebihan garam dari darah Anda. Setiap hari, sekitar 180 L dari urin primer terbentuk selain cairan penyaringan darah pada ginjal. Jika Anda tidak minum cukup air, Anda tetap dapat mengeliminasi limbah namun kadar air yang ada tidak cukup mencairkannya dan menjadi terkonsentrasi. Urin yang tidak terkonsentrasi ditandai dengan warna kuning terang, tidak gelap dan berbau tajam. Bila urin terkonsentrasi, limbah menjadi lebih rentan untuk bergabung dan mengkristal, yang merupakan langkah pertama dalam pembentukan batu ginjal. Sangat penting untuk minum banyak air untuk menjaga Anda dari pembentukan batu ginjal tersebut.

Sel Tubuh

Dalam menghasilkan energi, sel tubuh memerlukan cairan sebagai komponen penting dalam menghantarkan zat dan nutrisi.

Jadi, mulai saat ini, jangan pernah abaikan untuk meminum 2 L air setiap hari atau minimal 8 gelas air. Membiasakan diri untuk meminum 2 L air putih setiap hari dapat membawa faedah yang tak terhingga bagi kesehatan tubuh Anda.

Sumber : aqua.com
Halaman :
1

Ikuti Kami