Kampanye Cegah Bunuh Diri Dengan Komik

Internasional / 15 March 2012

Kalangan Sendiri

Kampanye Cegah Bunuh Diri Dengan Komik "Risk Ride"

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3712

Tekanan psikologis yang dialamai warga Jepang paska bencana Tsunami tahun lalu, membuat banyak dari mereka yang memutuskan untuk bunuh diri. Prihatin akan hal itu, Japan Campus Crusade for Christ membuat sebuah kampanye untuk pencegahan bunuh diri.

Untuk menarik perhatian masyarakat, kampanye ini menggunakan berbagai jenis media untuk menyampaikan pesannya. Pertama, alat yang dipakai adalah majalah manga berjudul “Risk Ride”, sebuah kisah tentang seorang pemuda yang sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri. Pada akhir bacaan, pembaca akan didorong untuk melihat film tentang penderitaan Yesus dengan format anime, “My Last Day”.

Film tersebut menggambarkan penyaliban Kristus dari perspektif penjahat yang di salib di samping Yesus. Pemberitaan injil dilakukan lewat website (mylastday.jp) yang berisi ilustrasi-ilustrasi sehingga mudah untuk dipahami.  

"Risk Ride adalah cerita yang sarat iman dan penebusan, serta akan mendorong seseorang menuju pemulihan. Sehingga mereka yang selamat kembali memiliki tujuan dan harapan untuk membangun kembali kehidupan mereka," ungkap Andy Meeko, anggota Japan Campus Crusade for Christ.

Dengan media-media yang ada, Japan Campus Crusade for Christ juga melatih para hamba Tuhan agar dapat membimbing para korban secara spiritual, sehingga mereka lebih kuat dan tidak nekat bunuh diri.

Bunuh diri tidak menyelesaikan masalah, namun cara ini sering digunakan untuk lari dari masalah. Semoga lewat kampanye ini, masyarakat Jepang bisa semakin kuat dalam menghadapi permasalahan hidup mereka sehingga tidak mengambil bunuh diri sebagai jalan pintas.

Sumber : charismanews
Halaman :
1

Ikuti Kami