Jadi Juara, Tontowi/Lilyana Selamatkan Muka Indonesia di All England

Nasional / 12 March 2012

Kalangan Sendiri

Jadi Juara, Tontowi/Lilyana Selamatkan Muka Indonesia di All England

Budhi Marpaung Official Writer
3452

Pujian pantas diberikan kepada pasangan bulutangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir yang turun di kejuaraan All England 2012. Bagaimana tidak, dari nomor-nomor yang diikuti para arjuna dan srikandi, hanya mereka lah yang membawa pulang gelar bergengsi tersebut.

Pada laga final yang dimainkan di Birmingham Inggris, Minggu (11/3), Tontowi/Lilyana berhasil mengalahkan pasangan Denmark Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl, dua set langsung 21-17, 21-19.

Ini adalah gelar All England pertama untuk pasangan Tontowi/Liliyana. Liliyana sendiri sempat tampil di babak final All England sebelumnya pada 2010 dan 2008 saat masih berpasangan bersama Nova Widianto.

Selain Tontowi/Lilyana, Indonesia sebenarnya mengirimkan para pemain nasional lain seperti Hayom Rumbaka (tunggal putra), Mohammad Ahsan/Bona Septano (ganda putra), Maria Febe Kusumastuti (tunggal putri), dan Muhammad Rizal/Debby Susanto (ganda campuran). Namun, semua dari mereka gugur sebelum mencicipi partai puncak.

Tontowi/Lilyana membuat sejarah bagi dunia bulutangkis Indonesia yakni dengan menjadi ganda campuran pertama yang meraih All England setelah 33 tahun. Sebelum mereka, pasangan bulutangkis nasional Christian Hadinata/Imelda Wiguna pernah menjadi pemenang di kejuaraan ini yakni pada 1979.

Selamat untuk Tontowi/Lilyana. Semoga apa yang kalian raih dapat menjadi pelecut para pebulutangkis dan atlet-atlet nasional lain untuk membawa gelar internasional ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami