Jerman Janji Bantu Kiat Esemka

Nasional / 11 March 2012

Jerman Janji Bantu Kiat Esemka

daniel.tanamal Official Writer
2699

Sebuah janji untuk mendukung mobil nasional Indonesia yang pekan lalu tak lolos uji emisi, Kiat Esemka dinyatakan oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Dr Norbert Baas. Pihaknya menyatakan akan akan mengirim tiga tenaga ahli dari Jerman, untuk membantu soal manajemen dan teknis untuk mobil Esemka.

Hal ini dikatakannya saat bertemu dengan Wali Kota Solo, Joko Widodo, di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo, Jumat (9/3). "Kami akan mengirimkan ahli yang telah berpengalaman. Mereka dari industri otomotif di Jerman," kata Norbert. 

Menurut Norbert, pihaknya sejak lama mendukung negara-negara, seperti Indonesia, Brazil, Mexico, dan Afrika Selatan yang ingin membangun industri negara masing-masing. Selain industri berteknologi tinggi, pihaknya juga mendukung pengembangan teknologi hijau yang ramah lingkungan.

Kedatangan Norbert selain menawarkan kerja sama juga menyampaikan undangan kepada Joko Widodo. Wali Kota yang akrab dipanggil Jokowi itu, diundang sebagai pembicara kunci pertemuan pemimpin muda Asia-Eropa, karena dinilai sukses dalam bidang perencanaan kota. Kehadiran Norbert di Solo, juga untuk menyaksikan penampilan sebuah kelompok tari modern terkenal dari Berlin yang tampil di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Inilah salah satu bentuk kongkrit mendukung program produksi bangsa Indonesia sendiri. Dikala para pemimpin negeri ini dan beberapa politisi yang “memandang enteng” keberadaan Esemka, nyatanya negeri maju seperti Jerman mau memberi dukungan dan bantuan terhadap perkembangan mobil nasional. Halo para pejabat dan pemerintah, ada yang mau ikut dukung dan membantu Esemka?

Sumber : Kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami