Kecemasan Dapat Bikin Sakit Kepala Lho

Psikologi / 7 March 2012

Kalangan Sendiri

Kecemasan Dapat Bikin Sakit Kepala Lho

Budhi Marpaung Official Writer
4871

Jika Anda beranggapan sakit kepala disebabkan oleh tugas-tugas yang menumpuk atau karena belum makan, maka Anda sepertinya harus berpikir ulang kembali. Penelitian ilmiah menemukan ternyata munculnya penyakit yang banyak diderita oleh manusia di dunia ini juga bisa disebabkan oleh masalah psikis yang sedang kita alami.

Kecemasan merupakan persoalan psikologi yang dapat membuat kepala Anda berputar-putar. Saat kadarnya berlebihan, maka secara otomatis tubuh Anda pun bereaksi negatif dengan cepat. Otak akan memacu sistem di hipotalamus, suatu bagian pengatur di otak untuk mengaktifkan sistem neurotransmitter, sistem saraf otonom dan sistem saraf endokrin.

Keterlibatan faktor-faktor inilah yang membuat kondisi tekanan psikologis bisa menghasilkan suatu kondisi fisik yang berupa keluhan-keluhan psikosomatik.

Oleh sebab itu, dianjurkan kepada para penderita sakit kepala yang disebabkan kecemasan, agar mendeteksi apa yang membuat mereka menjadi seperti itu (cemas). Setelah ditemukan, atasilah dengan cara (bukan berdasarkan peringkat atau urutan) :

1. Ucapkan dan pikirkan hal-hal yang positif (firman Tuhan)

2. Minum air mineral hingga kadar kecemasan Anda berkurang

3. Bicaralah  dengan orang yang dapat mendukung Anda  

4. Mandi

Agar pusing psikis ini tidak terus Anda alami, berikut beberapa cara untuk mencegahnya:

1. Berdoa dan baca Alkitab setiap hari

2. Hindari diri dari hal-hal yang berpotensi membuat Anda cemas

Semoga apa yang ditulis disini bermanfaat dan membuat Anda tetap sehat dan bahagia.

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami