Till Death Do Us Part

Marriage / 6 March 2012

Kalangan Sendiri

Till Death Do Us Part

Budhi Marpaung Official Writer
27923

Jika Anda membaca judul dari artikel ini, apa yang ada dalam pikiran Anda? ya, Anda benar. Kata-kata diatas merupakan penggalan ikrar pernikahan versi inggris yang biasa diungkapkan calon pasangan suami istri yang menikah di gereja.

Hari-hari ini cukup banyak pasangan suami-istri kristiani yang sebenarnya sudah mengucapkan janji tersebut, tetapi dalam perjalanan mengarungi bahtera rumah tangga tak sedikit yang pada akhirnya berpisah. Apakah ikrar pernikahan harus diucapkan setiap tahun agar terus diingatkan oleh suami dan istri atau justru memang cukup sekali saja? Apakah makna yang terkandung dari kata ‘...till death do us part’ atau dalam bahasa inggrisnya diterjemahkan menjadi ‘sampai maut memisahkan’?

Sebenarnya tidak ada aturan yang kaku untuk hal seperti ini. Semuanya tergantung kepada si pasangan suami istri. Bila Anda berdua sepakat untuk setiap tahun atau pada waktu-waktu tertentu kembali melaksanakannya, maka lakukanlah. Jangan karena pada umumnya seseorang berikrar menikah sekali dengan pasangan yang sama, maka itu Anda terapkan juga dalam kehidupan rumah tangga Anda.

Berlanjut sekarang ke soal makna dari kata-kata ‘till death do us part/sampai maut memisahkan’. Tanpa bermaksud untuk menggurui mengenai arti kata, tetapi penulis ingin mengatakanbahwa ‘till death do us part/sampai maut memisahkan’ sama dengan Anda harus hidup dengan pasagan Anda sampai seumur hidup Anda. Anda maupun pasangan Anda tidak boleh bercerai.

Bila ini dipahami dan diresapi sungguh-sungguh maka apapun kondisi yang terjadi kepada Anda maupun pasangan dalam perjalanan pernikahan Anda, Anda berdua harus bisa menerimanya. Anda berdua tidak boleh menyerah dengan fakta-fakta yang mungkin tak menyenangkan dan berpotensi menghancurkan keluarga yang sedang Anda berdua bangun bersama.

Ingatlah, ada Tuhan yang menyertai pernikahan Anda karena pernikahan adalah rencana DIA bagi manusia. Jadi, jika ini adalah rancangan-Nya maka dikala Anda berjuang mempertahankan rumah tangga Anda, DIA tidak akan tinggal diam. Dengan cara-cara ajaib, DIA pasti menolong setiap pernikahan agar apa yang menjadi isi hati-Nya bagi para pasangan tersebut dapat tergenapi di muka bumi ini.

 

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami