Demi Rekor, Tewas Terkubur Hidup-Hidup

Nasional / 6 March 2012

Kalangan Sendiri

Demi Rekor, Tewas Terkubur Hidup-Hidup

Lestari99 Official Writer
3569

Entah apa yang ingin dikejar oleh pria Sri Lanka ini. Demi memecahkan rekornya sendiri sebagai orang terlama yang dikubur hidup-hidup, ia akhirnya harus meregang nyawa di tengah aksi yang sedang dijalankannya.

Janaka Basnayake (24) diduga mengubur diri hidup-hidup di dalam sebuah parit yang ditutup dengan tanah dan kayu dengan bantuan teman dan kerabatnya di kota Kantale, Sri Lanka. Janaka yang juga seorang mantan prajurit dan ikut berperang selama 25 tahun itu dikubur sejak Sabtu pagi (4/3) dan langsung dinyatakan tewas pada siang harinya, menurut laporan polisi setempat. Akibat insiden ini, pemerintah setempat meminta agar warga tak tergoda untuk melakukan aksi nekat yang membawa resiko tinggi semacam ini.

Dokter yang memeriksa jenazahnya belum dapat menentukan penyebab kematiannya dan penyelidikan medis lanjutan masih akan dilangsungkan untuk menentukan lebih jauh latar belakang kematian korban.

Sejumlah koran lokal menyebutkan bahwa tempat Janaka dikuburkan hidup-hidup memiliki kedalaman 3 meter. Sementara keluarganya mengatakan bahwa upaya pemecahan rekor ini bukan untuk pertama kalinya dilakukan oleh Janaka. Sebelumnya sudah dua kali Janaka melakukan aksi dikubur hidup-hidup di bawah tanah selama setengah jam dan dua jam.

Wartawan BBC mengatakan tak jelas rekor apa yang hendak dipecahkan Janaka karena sesungguhnya tak tercatat ada rekor resmi dunia untuk menjadi orang yang dikubur hidup-hidup paling lama.

Hidup adalah anugerah yang sangat berharga. Mampu memecahkan rekor mungkin menjadi suatu obsesi yang mendatangkan kepuasan bagi Janaka. Namun ketika nyawa melayang, maka semua hal itu menjadi sia-sia dan tidak berarti lagi.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami