Tips Redakan Sakit Kepala Secara Alami

Tips Redakan Sakit Kepala Secara Alami

Lestari99 Official Writer
13474

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala atau yang lebih dikenal dengan istilah pusing. Jangan pernah anggap remeh sakit kepala karena bisa saja merupakan gejala penyakit yang lebih serius, seperti kolesterol tinggi, darah tinggi maupun penyakit lain yang berhubungan dengan saraf. Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh hal lain, seperti menahan kantuk karena sedang bekerja, kehujanan, kepanasan, kurang minum, kelaparan maupun stres.

Jika sakit kepala menyerang, ada baiknya jika Anda tidak langsung mencari pertolongan pada obat sakit kepala yang dijual bebas di pasaran karena sebenarnya Anda bisa menggunakan cara yang lebih alami untuk menyingkikan sakit kepala Anda dan segera kembali beraktivitas.

Minum Air. Dengan minum air, cairan yang berkurang dalam tubuh dapat segera terisi kembali. Rasa pusing Anda pun otomatis akan mereda.

Tekhnik Pijatan. Tekanlah tulang di antara kedua tulang alis dengan ibu jari. Tahan tekanan tersebut selama 10 detik, lalu tekan kembali dua sampai tiga kali hingga rasa sakit pada kepala berangsur hilang.

Tekhnik Rileksasi. Mengambil nafas dalam-dalam selama beberapa kali dan melakukan peregangan di area leher dan bahu dapat merilekskan otot yang kaku, yang biasanya menjadi penyebab sakit kepala. Biasanya sakit kepala ini dipicu oleh stres akibat tekanan hidup maupun pekerjaan yang Anda alami. Selain itu, peregangan tubuh juga dapat memperbaiki postur tubuh yang buruk yang juga merupakan salah satu penyebab sakit kepala.

Terapi Panas Atau Dingin. Sensasi panas atau dingin cocok bagi sakit kepala yang sifatnya ringan (bukan migren). Tempelkan kompres panas atau dingin di bagian yang terasa sakit, lalu biarkan selama 15 menit. Meskipun belum teruji secara ilmiah, namun para ahli menduga kompres dingin dapat memperlambat aliran darah dan mengurangi peradangan. Sementara kompres panas dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri.

Minum Kopi. Untuk sakit kepala dalam skala ringan, meminum kopi yang mengandung kafein justru bisa menjadi obat yang manjur. Kafein dapat menghambat adenosine, sejenis neurotransmiter yang dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan menciptakan tekanan. Mengkonsumsi kafein sesaat setelah sakit kepala datang dapat membantu meredakan rasa nyeri itu. Namun hal ini hanya berlaku bagi mereka yang jarang minum kopi maupun bagi mereka yang rutin mengkonsumsi tak lebih dari 1 cangkir dalam sehari. Bila Anda pengkonsumsi kopi kelas ‘berat’, biasanya cara ini menjadi kurang responsif.

Teh Peppermint. Bila sakit kepala datang disertai dengan perut yang terasa tidak nyaman, teh peppermint ditenggarai dapat meredakannya. Peppermint terbukti dapat meredakan ketegangan di saluran gastrointestinal, sekaligus meredakan gejala sakit kepala. Selain itu, perubahan neurokimia di otak akibat serangan sakit kepala juga dapat mempengaruhi bagian otak yang menciptakan rasa mual. Teh peppermint dapat meredakan semua keluhan itu. Namun bila Anda sedang hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsi peppermint tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami