Memperkenalkan Dunia Kepada Anak

Parenting / 4 March 2012

Kalangan Sendiri

Memperkenalkan Dunia Kepada Anak

Budhi Marpaung Official Writer
3456

Sebagai orangtua, Anda dan pasangan adalah orang-orang pertama yang memasukkan nilai-nilai kehidupan ke dalam diri anak Anda berdua. Oleh sebab itu, diperlukan kehati-hatian dalam mentransferkan sesuatu kepada sang buah hati. Salah-salah atau keliru memasukkan informasi dan pengetahuan, pada saat dewasa nanti anak Anda justru menjadi seorang yang salah kalah kaprah.

Jika melihat fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kini dimana kesuksesan seorang pria atau wanita justru mengubahnya menjadi pribadi yang negatif dan tetap banyaknya orang yang “menggemari” korupsi agar bisa memenuhi keinginan-keinginannya merupakan sesuatu yang seharusnya menyadarkan kita semua untuk mau membekali anak-anak kita dengan pemahaman yang benar tentang dunia.

Konsep dunia merupakan hal cukup krusial yang perlu mereka mengerti dengan benar. Mengapa? Karena dari sebuah pengetahuan yang benar akan dunia ini maka anak-anak Anda akan menjadi seorang pribadi yang berperilaku benar di masa mendatang.

Pertanyaannya sekarang, apa saja yang perlu diajarkan kepada sang anak tentang dunia ini ?

1. Kasihi dan hormati setiap orang tanpa melihat statusnya. Hidup di dunia ini pasti selalu ada hubungannya dengan orang lain. Oleh sebab itu, ingatkan buah hati Anda dan pasangan bahwa ia harus menghormati dan mengasihi orang-orang disekitarnya tanpa memandang bulu.

2. Kejujuran. Ingatkan kepada anak Anda bahwa apa pun kondisi yang ia alami, jangan pernah berbohong atau pun berdusta kepada siapapun. Percayalah, pada saat ia senantiasa memegang teguh hal itu, Tuhan pasti menjaga dan memberikan jalan keluar atas setiap godaan yang akan menjerumuskan dirinya.

3. Kehidupan di dunia ini tidak selalu berbicara tentang uang. Banyak orang tua yang mengajarkan anak mereka bahwa “segala sesuatu dapat dibeli oleh uang”. Prinsip ini tentu saja salah karena kehidupan pada dasarnya berbicara tentang panggilan hidup Allah dalam kehidupan seseorang, berbicara juga tentang kebahagiaan, lalu kedamaian dan kebahagian, serta bagaimana kehidupan kita sebagai manusia berguna bagi lingkungan sekeliling kita.  

4. Untuk mendapatkan sesuatu harus bekerja dengan benar. Pada poin ini, penulis melihat cukup banyak orang tua yang sudah menerapkannya. Hanya saja, ada satu yang terlewat yakni penekanan bekerja dengan benar. Mengapa ini harus dipermasalahkan karena dari situlah ia melatih dirinya untuk mencapai segala sesuatu dalam dunia ini dengan cara yang benar (cara yang tertulis di dalam Alkitab).

Selain empat poin diatas, Anda dan pasangan bisa menambahkan hal-hal lain yang Anda berdua rasa berguna untuk bekal anak Anda berdua ketika ia menjalani kehidupannya di dunia ini sebagai seorang yang dewasa.

Mari kita jangan jemu-jemu mempersiapkan generasi kita selanjutnya dengan sebaik-baiknya karena dengan cara beginilah mereka bisa menjadi orang-orang yang berkarakter positif pada setiap level kehidupan apapun (kaya, terkenal, atau pun biasa-biasa saja).

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami