Defisit, Pemerintah Akan Tambah Hutang 50 Triliun

Nasional / 3 March 2012

Kalangan Sendiri

Defisit, Pemerintah Akan Tambah Hutang 50 Triliun

Puji Astuti Official Writer
2981

Untuk mengantisipasi defisit yang terus terjadi, pemerintah rencananya akan menambah hutang melalui Surat Berharga Negara (SBN) maksimal sebesar 50 triliun rupiah. Rencana ini dimasukkan dalam scenario perubahan Anggaran Pendapatan Negara dan Belanja Negara (APBN) 2012 yang akan dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat pada bulan Maret 2012 ini.

"Maksimum Rp 40 triliun sampai dengan Rp 50 triliun dalam bentuk SBN (surat berharga negara) baru yang akan diterbitkan kalau seandainya defisit akan melebar. Defisit akan dipatok plus-minus 0,2 dari 2,2 persen (terhadap produk domestik bruto)," demikian pernyataan Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo, Jumat (2/3) lalu.

Dalam APBN 2012 defisit ditetapkan sebesar Rp124 triliun. Namun dalam usul perubahan APBN 2012 defisit akan melonjak Rp. 61 triliun.

Kondisi keuangan negara yang terus menerus defisit sungguh memprihatinkan, terlebih lagi kondisi ini diperparah dengan korupsi yang sudah mengakar diseluruh system pemerintahan yang ada. Jika kebocoran akibat korupsi tidak diberbaiki, maka hutang ditambahpun tidak akan membawa perubahan positif.

Sumber : Kompas.com | Tribunnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami