Ajarilah Anak dengan Sifat Humor

Info Sehat / 3 March 2012

Kalangan Sendiri

Ajarilah Anak dengan Sifat Humor

daniel.tanamal Official Writer
3130

Bagaimana agar si kecil tumbuh dengan memiliki emosi yang positif dan memiliki daya tahan yang tinggi dalam kehidupan? Bekali ia dengan rasa humor. Ia bisa mencontohnya dari perilaku Anda sehari-hari.

"Humor adalah komponen yang sangat penting dalam perkembangan emosi dan sosial, untuk mengembangkan fungsi kognitif otak, bahkan menyehatkan tubuh," kata Dr.Allan Reiss, direktur Center for Interdisciplinary Brain Science Researh di Stanford.


Ia menambahkan, anak-anak yang memiliki
sense of humor akan tumbuh dengan resiliensi atau daya tahan yang baik dalam hidupnya. Seseorang yang memiliki selera humor juga cenderung lebih tahan menghadapi tekanan dan bisa mengalihkan perasaan sedih atau stresnya. "Secara khusus, humor akan membantu anak melewati periode sulit di masa pra remaja dan remaja," paparnya.

Dalam penelitian yang dilakukan Reiss juga terbukti  bahwa ada bagian otak spesifik yang merespon humor. Penelitian dengan melakukan pemindaian otak terhadap 15 anak berusia 6-12 tahun membuktikannya.


Humor akan mengaktifkan area mesolimbic, yang memproses reward, serta area tertentu yang memproses keganjilan. Misalnya badut  yang naik mobil sangat kecil. Area otak tersebut juga sangat penting dalam merespon humor.

Sumber : kompas health/Health Day News
Halaman :
1

Ikuti Kami