Jaga Penampilan Diri Agar Terhindar dari TBC

Fit & Charming / 2 March 2012

Kalangan Sendiri

Jaga Penampilan Diri Agar Terhindar dari TBC

Lois Official Writer
6305

Tuberkulosis atau TBC (dulu) / TB (sekarang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Indonesia berada pada tingkat ketiga terburuk di dunia untuk jumlah penderita TB. Penularan penyakit ini karena kontak dengan dahak atau menghirup titik-titik air dari bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi kuman tuberkulosis. Karena itu, sangat penting menjaga penampilan yang datangnya dari kesehatan diri kita.

Cegah bersin yang ada di sekitar

Sekali bersin, sekitar 40.000 butir air dapat dihasilkan dan mencapai kecepatan 70 m/ detik (250 km/ jam). Bersin juga dapat bertahan beberapa jam. Bisa dibayangkan, penyakit yang beserta di dalamnya pun bertahan dan kita hirup. Tentu suatu hal yang berbahaya. Karena itu, cegah bersin yang ada di sekitar dengan menutup hidung dan segera mungkin pergi dari tempat itu.

Memakai sendok dan tempat makan sendiri sebisa mungkin

Karena penularan TBC adalah melalui dahak, karena itu penting untuk menjaga tubuh dari penyebaran TBC dengan cara apapun, termasuk memakai alat-alat makan ataupun alat minum.

Ciptakan pola hidup sehat

Dengan pola hidup sehat maka daya tahan tubuh kita diharapkan cukup untuk memberikan perlindungan. Pola hidup sehat adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan hidup kita, rumah harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Menjaga keapikan diri sendiri, dapat mencegah penyakit TB datang ke dalam hidup kita. Selain menjaga penampilan diri sendiri dengan kebersihan, lingkungan kita juga perlu dijaga. Ini adalah dasar untuk mendapatkan tubuh yang fit dan menawan tanpa ada sakit penyakit.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami