Tolak Pendidikan Barat, Boko Haram Bakar Sekolah

Nasional / 28 February 2012

Kalangan Sendiri

Tolak Pendidikan Barat, Boko Haram Bakar Sekolah

daniel.tanamal Official Writer
3823

Separatis Boko Haram kembali melancarkan kampanye anti negara barat dengan membakar beberapa sekolah yang dianggap mengadopsi pendidikan barat. Terakhir pada Senin (27/2) gerombolan mematikan ini membakar Sekolah Eksperimental Maiduguri, satu sekolah swasta di negara bagian Borno timur laut Nigeria.

Sebelumnya gerombolan ini membakar empat sekolah dasar negeri di daerah termasuk Budum, Abba Ganaram dan Kulo Gomna, semua di ibu kota negara. Prinsip mereka melakukan tindakan yang dengan sendirinya menolak akses ratusan anak-anak sekolah untuk masuk ke kelas mereka adalah menghentikan pendidikan barat

"Kami mendengar sebuah ledakan di sekolah dan semua orang berlari untuk berlindung," kata penduduk. Menurut warga, dua ruang kelas sudah terbakar sebelum orang dikerahkan untuk memadamkan api yang menyebar. Seorang warga, menyatakan kaget atas tindakan pembakaran ini dan mengatakan hal itu tidak beralasan karena sekolah itu dimiliki oleh warga swasta dan bukan pemerintah.

Meniadakan fasilitas publik, terutama yang dipergunakan sebagai pendidikan bagi anak-anak adalah bagian dari pemberangusan hak hidup manusia dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Nyatalah bahwa gerombolan yang dikomandoi Boko Haram ini telah jauh bertindak diluar kepentingan mereka.

Ketika hak anak, dimanapun mereka berada sedang terancam, saatnya semua negara memberikan perhatian dan ikut membantu untuk mencegah tragedi yang lebih besar terjadi disana.

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami