Pangeran Belanda Lama Koma, Akankah Disuntik Mati?

Internasional / 28 February 2012

Kalangan Sendiri

Pangeran Belanda Lama Koma, Akankah Disuntik Mati?

Lois Official Writer
3509

Akibat kekurangan oksigen saat terseret longsoran salju sepekan silam, hingga kini Pangeran Friso, putra kedua Ratu Beatrix belum siuman juga. Menurut Ben Kolster, dokter keluarga kerajaan, kondisi yang dihadapi Pangeran Friso ini seperti drama bagi keluarga kerajaan.

Ketika kecelakaan terjadi, Pangeran Friso sedang berolahraga musim dingin yang dilakukan tiap tahun bersama seluruh keluarga kerajaan di Lech, Austria. Ia memilih untuk bermain ski di luar jalur resmi bersama seorang teman Austria, ketika kemudian longsoran salju menyeretnya. Setelah melakukan operasi penyelamatan sekitar 50 menit, dokter tampaknya mulai menyerah, apalagi hasil scan tidak mengatakan adanya harapan.

Setelah kabar buruk itu diumumkan, muncul spekulasi kemungkinan euthanasia. Di Belanda, praktik euthanasia diizinkan dengan persyaratan tertentu. Namun, Kolster mengemukakan hal tersebut tak mungkin terjadi. “Keluarga kerajaan memiliki latar belakang Kristen Prostestan. Kini Ratu Beatrix tidak begitu ortodoks seperti dulu, tapi tetap saja seorang Protestan. Makanya berat dan sulit bagi keluarga kerajaan untuk melakukan hal itu.” katanya.

Bila euthanasia diizinkan meski dengan syarat tertentu oleh hukum manusia, namun tidak begitu dengan hukum Tuhan. Yang namanya mengambil nyawa manusia, baik itu manusianya sadar atau tidak sadar, baik dia menginginkannya ataupun tidak, adalah sebuah pembunuhan.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami