OBI Mengadakan Operasi Massal Gratis Bagi 132 Penderita Hernia

Nasional / 25 February 2012

Kalangan Sendiri

OBI Mengadakan Operasi Massal Gratis Bagi 132 Penderita Hernia

Lestari99 Official Writer
5517

Obor Berkat Indonesia (OBI) mengadakan operasi massal bagi penderita Hernia di Rumah Sakit Sentra Medika, Cikarang, Jawa Barat, yang diadakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diadakan pada hari ini, Sabtu (25/2) dengan mengoperasi 79 pasien dan gelombang kedua rencananya akan dilaksanakan Minggu (26/2) dengan mengoperasi 59 pasien.

Pasien yang berusia antara 1,5 – 85 tahun ini berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Bogor dan Cianjur. Terdapat 26 pasien anak-anak dalam kegiatan operasi massal ini. Para dokter relawan OBI yang terdiri dari 7 dokter spesialis dan 5 dokter bedah melakukan operasi marathon dari pagi sampai sore hari tanpa henti.

Ibu Non rawung selaku Direktur OBI mengatakan kegiatan operasi massal Hernia memang rutin dilakukan OBI dua sampai tiga kali dalam setahun. Setelah melakukan beragam operasi massal dari bibir sumbing dan katarak, OBI mengembangkan programnya dengan melakukan operasi massal Hernia.

OBI merasa perlu mengadakan kegiatan ini karena penderita Hernia sebenarnya sangat banyak khususnya di Jawa Barat namun hanya sedikit orang yang bersedia menjadi donatur untuk menutup biaya operasi bagi para penderita ini.

“Ada begitu banyak penderita Hernia namun Hernia bukanlah hal yang populer di mata para donatur. Mereka lebih senang melihat perubahan langsung pada orang yang mereka tolong, seperti pada penderita bibir sumbing dan katarak. Namun pada penderita Hernia, hal itu tak terlihat. Sehingga kami memerlukan usaha lebih untuk mendapatkan donatur yang bersedia berpartisipasi dalam kegiatan operasi massal Hernia,” ungkap ibu Non di Rumah Sakit Sentra Medika, Sabtu (25/2).

Sebenarnya banyak permintaan yang datang dari berbagai daerah sampai luar pulau Jawa meminta OBI melakukan kegiatan yang sama di daerah mereka. Namun Ibu Non mengakui hal itu tak mudah untuk dilakukan karena OBI terkendala denggan dokter, transportasi dan juga donatur.

Saat ditanyai perihal apa yang akan dilakukan OBI untuk membuka mata banyak orang akan pentingnya operasi Hernia, Ibu Non dengan tegas menjawab, “Saya sering mengatakan kepada para donatur bahwa dalam melakukan operasi lain, yang kita lakukan adalah mengubah kehidupan seseorang. Namun dalam melakukan operasi Hernia, yang kita lakukan adalah menyelamatkan sebuah kehidupan.”

Ya, masih begitu banyak orang di luar sana yang belum terjangkau oleh kegiatan operasi massal OBI. Apa yang OBI lakukan saat ini akan selalu menjadi langkah awal bagi perubahan kehidupan seseorang dan terselamatkannya sebuah nyawa.

Untuk mengetahui pelayanan OBI lebih lanjut, silahkan kunjungi obi.or.id.

 

Baca Juga:

Sumber : Jawaban.Com / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami