Kemeriahan Dunia Sambut Masa Pra Paskah

Kemeriahan Dunia Sambut Masa Pra Paskah

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2972

Di beberapa negara yang mayoritas penduduknya beragama Kristen dan Katolik ada sebuah tradisi untuk menyambut Masa Pra Paskah. Perayaan itu dikenal dengan berbagai nama seperti Pancake Tuesday, Shrove Tuesday dan  Fat Tuesday.  Tradisi ini dilakukan pada hari Selasa, satu hari sebelum Hari Rabu Abu yang merupakan awal dari Masa Pra Paskah.

Pada perayaan ini warga akan makan pancake seharian, karena pada Masa Pra Paskah khususnya umat Katolik akan melakukan pantang makan makanan mewah seperti susu, telur, mentega yang merupakan bahan pembuat pancake.

Pada Perayaan Pancake Tuesday 2012 yang jatuh pada 21 Februari kemarin, ada dua rekor dunia yang telah dipecahkan yaitu rekor menumpuk pancake tertinggi (76 cm) dan rekor membalik pancake dengan cara melemparnya ke udara yang berhasil dilakukan oleh 890 orang partisipan secara bersamaan.

Bertempat di Pancake Parlour Melbourne, Australia, Chef Andy Wrobel mengalahkan rekor sebelumnya (74 cm) yang ditetapkan di Kroasia tahun 2008. “Tahun lalu, saya mencoba memecahkan rekor dan berhasil menumpuk pancake setinggi 61 cm. Saya berusaha lagi tahun ini dan akhirnya sukses,” ujar Chef Andy.

Di Italia, sebelum Martedi Grasso sebutan lokal untuk Selasa Gemuk, warga melakukan Carnavelle atau biasa kita kenal sebagai karnaval. Saat karnaval, para warga melakukan parade kereta kuda dengan topeng dan kostum tradisional karnaval.

Tradisi-tradisi jelang Masa Prapaska akan membuat umat semakin antusias memasuki Masa Pra Paskah yang merupakan momen paling baik untuk merefleksikan tentang pengorbanan Kristus.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami