Terapi Musik, Bikin Ayam Tidak Gampang Mati

Nasional / 23 February 2012

Kalangan Sendiri

Terapi Musik, Bikin Ayam Tidak Gampang Mati

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
7813

Musik mempunyai peranan yang penting dalam kejiwaan seseorang, dengan musik tertentu kita bisa menenangkan orang, namun dengan musik lainnya kita bisa menciptakan suasana mencekam. Walau belum bisa dipastikan hubungannya, hal ini juga berlaku pada ayam.

Dilansir dari antaranews, di desa Sumbersuko, Tlogowaru, Malang, Jawa Timur, ratusan peternak ayam memasang musik selama 24 jam di kandang ayam mereka. Hasilnya bukan main-main, ayam mereka lebih sehat sehingga bisa dipanen secara sempurna.

"Sejak menggunakan terapi musik, kami berhasil memanen ayam secara sempurna, dan dilakukan empat kali dalam setahun. Padahal, sebelum menggunakan terapi musik, sekitar 30 persen dari 1.000 ayam kami mati setiap kali panen," kata Ahmad Fauzi (29), salah satu peternak di wilayah itu.

Terapi ini sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Menurut Fauzi, pada bulan puasa dia pernah mencoba untuk menghentikan terapi ini, namun selang satu bulan, beberapa ayamnya mati akibat suara petasan milik warga.

Diyakini, terapi ini membuat ayam yang aslinya punya kecenderungan jantung lemah, jadi terbiasa mendengar suara keras. Hal ini membuat ayam tidak mudah jatuh sakit dan mati.

Wah, ternyata makin hebat saja pengaruh musik bagi kehidupan. Semoga jenis musik yang diperdengarkan tidak akan mempengaruhi cita rasa ayam ini setelah dimasak nanti.

 

Sumber : antaranews/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami