Indonesia, Negara Terkorup di Asia Pasifik

Nasional / 22 February 2012

Kalangan Sendiri

Indonesia, Negara Terkorup di Asia Pasifik

Budhi Marpaung Official Writer
3616

Berdasarkan hasil survei persepsi korupsi 2011 terhadap pelaku bisnis yang dikeluarkan lembaga internasional, Political & Economic Risk Consultancy, Indonesia merupakan negara paling korup dari 16 negara yang berada di kawasan Asia Pasifik.

Adalah Kepala Satuan Tugas Sosialisasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Guntur Kusmeiyano yang mengungkapkan fakta ini di depan para peserta seminar pemberantasan korupsi di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/2).

"Di mata para pelaku bisnis, Indonesia merupakan negara paling korup di kawasan Asia Pasifik. Ini tentu berkaitan dengan kinerja birokrasi, sehingga persoalannya tidak akan selesai kalau hanya mengandalkan penindakan. Ini harus diatasi dengan mulai membangun komitmen," ujarnya saat itu.

Menurut Guntur, di tingkat internasional, indeks persepsi korupsi Indonesia 1,9 dengan indeks 10. "Dengan angka sekecil itu, di mata dunia, Indonesia itu sejajar dengan negara-negara baru yang sampai hari ini masih dililit persoalan peperangan. Inilah dampak parahnya korupsi di Indonesia," ungkapnya.

Korupsi merupakan budaya di Indonesia yang harus segera disingkirkan dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ini bukanlah perkara yang mudah dan singkat. Oleh sebabnya, walau sudah ada KPK, perlu kerjasama dari seluruh pihak untuk “membabat habis” kebiasaan yang terbukti merugikan banyak orang ini. Pertanyaan sekarang, maukah Anda menerima ajakan ini?  

Sumber : kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami