Money Politics Itu Hal yang Biasa ?

Nasional / 21 February 2012

Kalangan Sendiri

Money Politics Itu Hal yang Biasa ?

Budhi Marpaung Official Writer
2411

Sebuah pernyataan mengejutkan keluar dari Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua di Jakarta, Selasa (21/2).

Di depan sejumlah wartawan di Kompleks DPR Senayan, Maz menyatakan bahwa pemberian uang atau barang kepada para pemegang hak suara agar memilih si pemberi ketika proses pemilihan ketua umum partai adalah hal yang biasa.

"Kalau ada yang lain seperti BlackBerry, jaket, itu wajar-wajar saja. Saya mau jadi ketua, yah saya siapkan BlackBerry, jaket, dana, dan lain-lain," ujarnya.

Ketika ditanya apakah wajar pemberian Rp 100 Juta kepada sejumlah pengurus daerah, Max mengatakan hal yang senada dengan apa yang ia lontarkan sebelumnya. "Ya terserah dari yang punya uang. Dia punya enggak uang sebesar itu?"

Meski begitu, Max membantah pernyataan dari kubu pemenangan Anas bahwa pemberian dana untuk para pimpinan PD di daerah digunakan untuk akomodasi dan transportasi. Pasalnya, kata dia, partai menanggung biaya transportasi dan akomodasi seluruh kader yang ikut kongres di Bandung.

Memakai uang untuk mencapai sebuah kekuasaan bukanlah tindakan yang terpuji khususnya dalam pembelajaran demokrasi. Walau ini disinyalir dilakukan di sejumlah partai atau organisasi juga, tetapi budaya seperti ini haruslah dihentikan. Bila ini tidak dilakukan maka kejahatan korupsi yang hendak diberantas akan sulit dilakukan sampai kapan pun juga.

Sumber : kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami