Kerukunan Umat Beragama, Pondasi Kehidupan Berbangsa

Internasional / 15 February 2012

Kalangan Sendiri

Kerukunan Umat Beragama, Pondasi Kehidupan Berbangsa

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5011

Dalam puncak acara Pekan Kerukunan Antarumat Beragama Sedunia, Minggu (12/2), Taufik Kiemas selaku ketua MPR menyampaikan hubungan antara kerukunan umat beragama dan empat pilar berbangsa dan bernegara, yakni UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Adapun kerukunan umat beragama adalah pondasi utama yang masuk dalam substansi empat pilar berbangsa tersebut. Bangsa Indonesia ditakdirkan lahir dengan berbeda-beda pulau, berbeda agama, berbeda suku namun ditakdirkan pula oleh Yang Maha Kuasa untuk menjadi satu dalam wadah NKRI,” ucap Taufik seperti dikutip dari seputar-indonesia, Senin (13/2).

Sebelumnya, Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah sekaligus Ketua Presidium IRC-Indonesia, Din Syamsuddin juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, tidak ada agama di Indonesia yang menolak perbedaan. "Tidak ada agama di Indonesia yang menolak keberagaman. Jangan selalu mencari apa yang beda, tapi ambil berbagai persamaan yang ada untuk hidup rukun dan damai di Indonesia," ungkap Din.

Pekan Kerukunan Antarumat Beragama Sedunia diperingati selama minggu pertama di awal Februari sejak ditetapkan oleh Sidang Umum PBB pada Februari 2011.

Menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama adalah tugas kita bersama. Dan pemerintah harus bertindak tegas terhadap pihak-pihak yang berusaha merusak hubungan tersebut.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami