Usai Puluhan Tahun, Warga Irak Rayakan Valentine

Nasional / 14 February 2012

Kalangan Sendiri

Usai Puluhan Tahun, Warga Irak Rayakan Valentine

daniel.tanamal Official Writer
2965

Setelah puluhan tahun mengalami masa perang dan pemerintahan seorang diktator, rakyat Irak mengatakan, mereka kini bisa bersantai dan menikmati Hari Valentine tahun ini. Sudut-sudut jalan di ibu kota Irak itu didominasi warna merah karena tertutup boneka-boneka teddy bear merah dan pernak-pernik lainnya.

"Rakyat Irak memerlukan saat-saat yang membahagiakan untuk melupakan kejadian yang mereka hadapi selama ini. Kami sudah cukup merasakan kesedihan. Hari Valentine untuk semua, bukan hanya untuk orang yang berpacaran,” ujar Lina, seorang pegawai administrasi sekolah.

Beberapa kalangan meyakini, membanjirnya layanan pesan singkat (SMS), telepon seluler, dan penggunaan internet di kalangan generasi muda telah membantu memupuk romansa yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Ini menjadi sebuah pemandangan yang mengejutkan di kota yang masih jauh dari aman karena beberapa kali terjadi serangan bom, sejak penarikan pasukan Amerika Serikat dari negara itu dua bulan lalu.

Beberapa warga Irak bahkan menggunakan Hari Kasih Sayang itu untuk menyatakan bahwa "cinta mengalahkan segalanya" termasuk belajar. Di Institut Teknologi yang berlokasi di kawasan Zafaraniyah, Baghdad, para mahasiswa akan menggelar acara
meet and greet mahasiswa baru yang ditunda selama sebulan, Selasa (14/2/2012).

Acara itu biasanya dilaksanakan pada Desember ketika masa kuliah dimulai. Namun, Muataz Mohammed, seorang mahasiswa, berpendapat, menjadwalkan acara tersebut pada Hari Valentine mungkin bisa dengan mudah membentuk persahabatan. "Ini hari yang sangat istimewa," kata pemuda 21 tahun itu.
 
Hal ini berbeda jauh ketika masa rezim Saddam Hussein sebelumnya. Ponsel, televisi satelit, dan internet dilarang. Perang dan kekerasan yang terjadi setelah kejatuhan Saddam membuat gentar perusahaan-perusahaan teknologi untuk memasarkan produknya di negara itu sampai beberapa tahun lalu.

Namun kini ketika era kebebasan menerpa mereka, warga disana dapat ikut merayakannya secara sukacita dan bertanggungjawab sesuai dengan adat dan budaya mereka sendiri. Selamat Hari Valentine!

Mari ikut merayakan Valentine bersama untuk memberkati sesama kita dengan mengikuti Valentine Photo Contest 2012 “Ekspresikan Cintamu”. Info lebih lanjut, segera klik fotoku.jawaban.com.

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami