Coklat Sehat Buat Si Dia

Solusi Sehat / 13 February 2012

Kalangan Sendiri

Coklat Sehat Buat Si Dia

Lestari99 Official Writer
5612

Menyambut Valentine, coklat seringkali diidentikkan denga cinta. Alasan mengapa banyak orang menganggap coklat sebagai makanan cinta adalah karena coklat memiliki tekstur yang lembut dan akan lumer secara perlahan saat dikulum dalam mulut. Hal ini memberikan kesan sensual bagi mereka yang memakannya. Coklat dapat memberikan efek nyaman, rileks dan meningkatkan gairah seksual.

Berikut adalah fakta seputar coklat yang perlu Anda ketahui sehingga Anda tak perlu ragu untuk menghadiahkan coklat bagi si dia, sang tersayang:

1. Di dalam coklat terkandung phenylethylamine yang berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine yang akan menyebabkan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarik dan menimbulkan perasaan jatuh cinta. Alasan inilah yang membuat cinta sering diberikan sebagai hadiah tanda cinta.

2. Coklat juga mengandung ratusan zat yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia di otak. Zat-zat inilah yang merangsang aktifnya serotonin di otak yang selanjutnya memicu perasaan nyama pada seseorang, yang tentu saja dapat dimanfaatkan untuk menghalau stres.

3. Zat terbanyak yang terkandung dalam coklat adalah theobromine yang dapat menstimulasi jaringan syaraf dan jantung yang membuat seseorang tetap terjaga dan bersemangat. Manfaat lain dari theobromine adalah dapat meredakan batuk.

4. Efek psikologis yang terjadi saat menikmati coklat dikarenakan titik leleh lemak kokoa terletak sedikit di bawah suhu normal tubuh manusia. Lelehnya coklat di dalam mulut meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung. 

5. Coklat dengan kandungan kakao lebih dari 70% kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan demikian coklat mampu menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang sering dianggap sebagai sumber antioksidan. Fenol sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga mampu mengurangi resiko serangan jantung dan juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.

6. Pada coklat berkualitas tinggi, kandungan lemaknya terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.

7. Beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh juga terkandung di dalam coklat seperti vitamin A, B1, C, D dan E. Coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium.

8. Biji coklat merupakan sumber magnesium alami yang tinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan bagi wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Mengkonsumsi coklat akan meningkatkan kadar progesteron pada wanita sehingga dapat mengurangi efek negatif dari PMS.

9. Menurut ilmuan, coklat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan menghilangkan capek.

10. Coklat juga bermanfaat untuk kecantikan, karena katekin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya mencegah penuaan dini. Lulur coklat dipercaya sangat baik untuk kecantikan kulit. Mengkonsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.

11. Sebuah penelitian di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun bahkan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi coklat dalam jumlah besar, baik berupa susu coklat maupun dark coklat, hidup lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakit keseluruhan daripada pria yang makan coklat dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali.

Dengan segudang manfaat ini, tidak berarti Anda dapat memilih coklat secara sembarangan. Jangan memilih coklat “bermerk” yang murah atau sangat murah karena kandungan kakaonya rata-rata kurang dari 20% bahkan ada yang kurang dari 7%. Coklat jenis ini memiliki kandungan gula dan lemak jenuh yang tinggi serta keburukan lainnya seperti minyak sayur terhidrogenasi (HVO) yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi dan gangguan kesehatan lain seperti diabetes.

Produk coklat lain yang juga berbahaya dan buruk untuk kesehatan adalah yang berupa fondant (biasanya untuk mendekorasi kue) dan praline. Fondant sebenarnya mengandung 100% pemanis dan praline juga sama buruknya.

Bila Anda berniat memberikan hadiah coklat bagi orang yang Anda sayangi, pilihlah coklat yang masuk ke dalam kategori coklat sehat berikut ini:

Dark Chocolate, memiliki kandungan biji coklat (kakao) yang paling tinggi minimal 70%, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).

White Chocolate, memiliki kandungan kakao hanya 33%. Sisanya adalah gula, susu dan vanila. Kandungan gula inilah yang dapat memberikan efek negatif seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.

Milk Chocolate (coklat susu), merupakan campuran kakao dengan susu ditambah gula. Coklat jenis ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat.

Menyatakan cinta dengan coklat? Anda telah melakukan pilihan yang tepat bagi si dia dan juga bagi kesehatan si dia serta kelanggengan hubungan Anda berdua.

 

Mari ikut merayakan Valentine bersama untuk memberkati sesama kita dengan mengikuti Valentine photo Contest 2012 "Ekspresikan Cintamu". Info lebih lanjut, silahkan klik fotoku.jawaban.com

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami