Gunung Lokon Kembali Meletus

Nasional / 10 February 2012

Kalangan Sendiri

Gunung Lokon Kembali Meletus

Lestari99 Official Writer
3351

Gunung Lokon di Manado, Sulawesi Utara, kembali meletus pada pukul 07.20 WIB atau 08.20 WITA, Jumat (10/2). Sutopo Purwo Nugroho selaku Humas Badan nasional Penanggulangan Bencana mengatakan berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi bencana Geologi Badan Geologi, Gunung Lokon saat ini sedang meletus.

“Erupsi diikuti suara gemuruh, abu letusan berwarna kelabu tebal, tinggi kolom asap letusan 2.000 m dari Kawah Tompaluan, tertiup angin ke arah tenggara,” kata Sutopo.

Warga dihimbau untuk tidak mengadakan aktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan, terus waspada dan mempersiapkan segala hal jika ada peningkatan aktivitas Gunung Lokon.

Terakhir, Lokon meletus pada akhir Oktober lalu. Sebelumnya Gunung Lokon meletus pada pertengahan Agustus dan akhir Juni 2011 lalu yang memaksa 5.025 warga yang berasal dari tiga kelurahan, yakni Kinilow, Kinilow Satu, dan Kakaskasen, mengungsi selama dua pekan.

Petuas pengamat Gunung Api Lokon dan Mahawu, Faris Ruskanda, mengatakan, sangatlah sulit untuk memprediksi kapan aktivitas Gunung Lokon akan berhenti total. Status Gunung Lokon pun belum diturunka dari status Siaga.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami