Fabio Capello Mundur dari Timnas Inggris

Nasional / 9 February 2012

Kalangan Sendiri

Fabio Capello Mundur dari Timnas Inggris

daniel.tanamal Official Writer
3558

Pencopotan ban kapten John Terry yang dilakukan oleh badan Asosiasi Sepakbola Inggris, Football Association (FA), menjadi drama akhir bagi Fabio Capello. Malam tadi Rabu (8/2/) pelatih berkebangsaan Italia itu secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai manajer Timnas Inggris.

"FA dapat mengonfirmasikan bahwa Fabio Capello telah mengundurkan diri dari jabatan manajer tim nasional Inggris. Hal tersebut terjadi setelah pertemuan yang dihadiri Ketua FA David Bernstein, Sekretaris Jenderal FA Alex Horne, dan Fabio Capello di Stadion Wembley," demikian pernyataan langsung website resmi FA.

Dalam pertemuan itu Ketua FA David Bernstein menerima pengunduran diri Capello dan memujinya sebagai seorang pelatih yang profesional. “Saya ingin menekankan bahwa dalam pertemuan hari ini dan selama kariernya sebagai manajer Inggris, Fabio telah bersikap sangat profesional. Kami telah menerima pengunduran diri Fabio, menerima bahwa itu adalah keputusan yang tepat. Kami ingin berterima kasih kepada Fabio atas pekerjaannya di tim nasional Inggris dan mengucapkan semoga sukses" katanya.

Drama yang berujung mundurnya Capello ini terjadi setelah FA mencopot ban kapten Terry, usai bek Chelsea itu diduga melakukan pelecehan rasial kepada bek Queens Park Rangers, Anton Ferdinand, Oktober silam. Atas intervensi itu, Capello marah kepada FA karena keputusan sepihak dan tanpa berdiskusi dengannya.

Capello mengklaim, pihak Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris telah menghina dan merusak otoritasnya sebagai pelatih. “Dalam kasus Terry, mereka benar-benar menyinggung dan merusak otoritas saya sebagai pelatih kepala timnas Inggris, sehingga menimbulkan masalah dalam skuad. Saya tidak pernah toleransi dengan intervensi dan sesuatu yang melewati batas. Jadi, mudah bagi saya mengambil keputusan untuk pergi,” tegasnya.

Sebuah keputusan krusial yang diambil oleh FA disaat Piala Eropa hanya menyisakan 143 hari lagi sebelum dimulai. Tentu bukan pekerjaan mudah untuk pelatih pengganti dalam beradaptasi dengan skuad timnas yang kini pasti terpecah. Capello pun telah memperlihatkan kredibilitasnya sebagai pelatih profesional yang anti terhadap intervensi dan campur tangan dari luar skuadnya. Buona fortuna Capello!

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami