Foto Bugil, Anggota DPR Tuntut Referendum Undang-Undang

Nasional / 1 February 2012

Kalangan Sendiri

Foto Bugil, Anggota DPR Tuntut Referendum Undang-Undang

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4857

Banyak cara untuk melakukan demonstrasi, namun apa yang dilakukan 17 anggota DPR Slovakia ini sedikit nyeleneh. Para wakil rakyat itu berfoto telanjang sambil membentangkan spanduk bertuliskan “Mari Lucuti Imunitas Anggota Parlemen” yang menutupi tubuh mereka.

Aksi tersebut mereka lakukan sebagai bentuk dukungan rencana pelucutan imunitas anggota parlemen terhadap tuntutan hukum. Tindakan ekstrim ini mendapat dukungan penuh dari jajaran pengurus partai Kebebasan dan Solidaritas.

Martin Chren, salah seorang anggota parlemen yang ikut dalam foto itu mengungkapkan, ini adalah kesempatan terakhir untuk memenangkang tuntutan mereka setelah sebelumnya mereka gagal mengumpulkan suara. "Saat ini adalah masa sidang terakhir sebelum pemilu 10 Maret mendatang. Jadi inilah kesempatan terakhir untuk melucuti imunitas,” ungkapnya kepada AFP.

Menurut undang-undang yang berlaku di Slovakia, anggota parlemen kebal hukum selama masa jabatannya. Namun sayangnya, banyak para wakil rakyat itu yang memanfaatkan hal itu secara tidak bertanggung jawab. Terjadi banyak kasus anggota parlemen mengemudi sambil mabuk, namun lolos dari jerat hukum.

Apa yang dituntut oleh para anggota DPR ini adalah hal yang baik, namun seharusnya mereka memilih aksi demo yang lebih sopan. Sebagai wakil rakyat, mereka berkewajiban memberi teladan yang baik bagi masyarakat.

Sumber : bbc/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami