War Horse, Sebuah Pelajaran Tentang Kesetiaan

Film Review / 31 January 2012

Kalangan Sendiri

War Horse, Sebuah Pelajaran Tentang Kesetiaan

Puji Astuti Official Writer
5855

Berlatar Perang Dunia I, film War Horse dibuka dengan adegan Albert dan ayahnya yang membantu kuda tetangganya melahirkan. Anak kuda tersebut membuat Albert terkesan dan ingin memilikinya. Hingga suatu saat, kuda tersebut di lelang. Ayah Albert yang ingin menyenangkan anaknya akhirnya membeli kuda tersebut walaupun ia sebenarnya tidak mampu membayarnya, hingga akhirnya mereka harus kehilangan tanah pertanian mereka.

Tak mampu lagi membiayai hidup mereka, ayah Albert akhirnya terpaksa menjual kuda yang diberi nama oleh Albert, Joey. Kuda tersebut dijual kepada kavaleri Inggris untuk dibawa bertugas di Perang Dunia I. Di Perancis, prajurit yang menunggang Joey tewas tertembak. Joey ditangkap oleh tentara Jerman dan memaksanya untuk menarik barang-barang kavaleri. Joey yang kemudian terjebak di tanah tak bertuan akhirnya dibebaskan oleh prajurit Inggris dan Jerman. Setelah di undi, Joey dibawa kembali ke wilayah Inggris.

Bersamaan dengan itu, Albert masuk dalam wajib militer dan dikirim ke medan perang. Namun dalam peperangan, ia mengalami kebutaan karena gas mustard. Lalu apakah Albert dapat bertemu kembali dengan Joey, kuda kesayangannya? Anda harus menonton film yang mengharukan ini.

Seperti biasa, Disney selalu memproduksi film dengan nilai-nilai cinta kasih yang kuat dan juga pesan moral seperti menegur prilaku buruk, perjudian, hutang dan keserakahan. Dalam film ini juga secara tidak langsung membagikan nilai-nilai Kristiani, seperti menghormati Tuhan, negara dan orang tua, pentingnya kesetiaan, jujur dan berani. Bahkan ada satu scene yang menampilkan seorang prajurit sekarat yang membacakan Mazmur 23. Secara keseluruhan film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini bagus, namun untuk durasi 148 menit film drama keluarga ini memiliki flow yang lambat. Oh ya, film ini mendapatkan rating PG-13, atau film remaja sekalipun tidak ada pertumpahan darah, pornografi, arkohol dan narkoba.

Judul             : War Horse

Pemain          : Jeremy Irvine, Peter Mullan, Emily Watson, Benedict Cumberbatch, Tom Hiddleston, David Thewlis, Celine Buckens, Toby Kebbell

Sutradara       : Steven Spielberg

Producer          : Steven Spielberg, Kathleen Kennedy

Writer              : Lee Hall and Richard Curtis

Distributor      : Walt Disney

Trailer :

 

<object width="400" height="309" data="http://www.jawaban.com/news/userfile/videofile/mediaplayer.swf" type="application/x-shockwave-flash"> </object>

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami