SBY Ingin Indonesia Jalankan Nilai Islam

Nasional / 30 January 2012

Kalangan Sendiri

SBY Ingin Indonesia Jalankan Nilai Islam

Lois Official Writer
1822

Pada pembukaan sesi ketujuh konferensi parlemen negara anggota Organisasi Negara Islam di Palembang, Senin (30/1), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan nilai-nilai Islam dapat digunakan dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan sehingga mendapatkan penyelesaian yang baik bagi semua pihak.

“Kita kerjasama, bangun kebersamaan, kemampuan kita ini harus bisa tangani respons dengan budaya damai, toleransi bersama,” kata SBY pada acara tersebut. “Indonesia mencoba menggunakan nilai inti Islam dan demokrasi untuk atasi permasalahan yang dihadapi. Kami senang Indonesia bisa jalankan demokrasi, Islam, dan hak asasi berjalan dengan bersama,” terangnya lagi.

Untuk itu, Presiden mengatakan parlemen dan pemerintah harus mendorong pemberdayaan politik dan ekonomi juga rakyat. Pemberdayaan masyarakat dalam berbagai sektor penting karena menurutnya, masih banyak negara dengan penduduk Muslim masih berada dalam kategori negara yang miskin.

Namun, SBY tetap harus memperhatikan bahwa Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila dimana terdapat banyak agama di negeri ini. Tidak wajar rasanya bila nilai itu dipakai dalam semua aspek. Hal ini harus benar-benar dibedakan dengan nilai-nilai budaya damai dan toleransi. Karena, setiap agama mempunyai nilai budaya damai dan toleransi, tapi tidak semua agama sama seperti Islam. Perbedaan-perbedaan ini, jangan sampai juga mengakibatkan terjadi perpecahan.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami