Kalajengking, Bukti Ada Kehidupan di Venus

Nasional / 29 January 2012

Kalangan Sendiri

Kalajengking, Bukti Ada Kehidupan di Venus

Lois Official Writer
4110

Venus yang berada di dalam galaksi yang sama dengan bumi, baru-baru ini membuat heboh. Pasalnya, belum pernah terdengar ada kehidupan di sana, namun ilmuwan Rusia sekarang mengklaim telah menemukan kehidupan di Venus setelah menganalisa foto yang diambil satelit Soviet yang mendarat di planet itu 30 tahun yang lalu.

Leonid Ksanfomaliti dari Space Research Institute di Academy of Sciences Rusia meneliti ulang gambar yang diambil satelit Soviet bernama Venus-13 pada 1982 itu. Ia mengatakan, pada gambar tersebut tampak tubuh berbentuk kalajengking dan cakram yang bergerak saat kamera satelit merekam. “Lupakan dulu teori tak ada kehidupan di Venus dan katakan ini merupakan makhluk hidup,” imbuhnya seperti dikutip DM. “Makhluk itu muncul, berubah, dan menghilang,” kata Ksanfomaliti.

Di Venus, suhu permukaannya mencapai 464 celcius. NASA sendiri pernah membuat gambar permukaan Venus dengan sangat detail dan badan antariksa itu tak menemukan kehidupan. Namun, sepertinya penelitian itu tidak berlaku lagi. “Teori saat ini, Venus dan Bumi mulai serupa. Ada kemungkinan banyak air di Venus dan ada banyak karbon dioksida di Bumi,” kata Profesor Andrew Ingersoll dari Caltech.

Benarkah gambar yang ditunjukkan itu memang seekor kalajengking ataupun salah satu makhluk yang hidup di Venus? Ataukah hanya bentuk yang serupa saja? Sampai saat ini, manusia mulai mencari planet lain yang bisa ditinggali. Namun, kita juga perlu memikirkan Bumi ini. Kita jaga kelestariannya agar anak cucu masih dapat mendiami bumi.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami