Siapa Yang Memegang Kendali?

Kata Alkitab / 27 January 2012

Kalangan Sendiri

Siapa Yang Memegang Kendali?

Puji Astuti Official Writer
5557

Ada satu kata yang menentukan segala sesuatu berkaitan dengan masa depan Anda – Kendali.

Siapa yang mengendalikan hidup Anda – Anda atau Tuhan?

Siapakah yang menyita waktu Anda – urusan Anda atau Tuhan?

Siapa yang mendominasi perhatian dan pikiran Anda – agenda Anda atau Tuhan?

Saya memegang agendanya Tuhan, hal itu bernama Firman Tuhan. Dia ingin memiliki kata pertama dan terakhir dalam hidup Anda. Dia ingin mengendalikan hidup Anda. Pada faktanya, Dia memegang kendali sejak awalnya. Itu sebabnya keselamatan disebut sebagai kelahiran baru, Anda dan saya sama sekali tidak berdaya untuk bisa mencapainya. Yang perlu kita lakukan adalah mengijinkan Dia untuk melahirkan kita oleh anugrah-Nya. Kita tidak berdaya, tak bernyawa, putus asa dan tak berpengharapan.

Dengan kelahiran baru tersebut, kita seharusnya menyerahkan kendali kehidupan kepada Yesus Kristus. Namun yang terjadi, seringkali kita mengambil alih kendali kehidupan kita sendiri. Pada akhirnya, kita tidak hidup dalam tuntunan Roh Kudus tetapi malah hidup dalam hawa nafsu daging.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa hidup dalam kendali Tuhan? Untuk itu kita harus mengacu pada Mazmur 92:13-16

Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Tuhan berkata bahwa hidup orang benar haruslah seperti pohon Korma, mengapa pohon Korma? Karena pohon ini bertumbuh hanya ditanah yang baik. Anda tidak akan menemukan pohon ini di sembarang tempat. Demikian juga orang benar, kita hanya bisa bertumbuh dalam lingkungan yang bersih dan tanah yang baik. Tanah yang baik biasanya berbicara tentang hati kita. Bersihkan hati kita dengan kebenaran Firman Tuhan, hal itu akan menjaga kita agar tidak tercemar oleh dunia. Hari ini, apakah tanah hati Anda telah bersih?

Selanjut, jika Anda telah menjaga hati Anda bersih, maka langkah selanjutnya adalah tentang hidup dalam kebenaran. Hal ini sepenuhnya tergantung pada “kehendak bebas” kita. Apakah Anda membuat pilihan-pilihan berdasarkan kebenaran fiman Tuhan atau kehendak Anda sendiri? Apakah Anda menempatkan Tuhan sebagai prioritas utama atau Anda memprioritaskan kepentingan Anda sendiri? Pilihan-pilihan Anda akan menentukan hasil akhirnya.

Namun jika Anda dengan sungguh-sungguh hidup dalam kendali Tuhan, berkat yang Anda nikmati juga akan luar biasa, hal itu Daud catat sebagai berikut : Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya. Artinya, hingga akhir hayat kita, kehidupan kita tetap produktif (masih berbuah), diberkati (gemuk) dan sehat (segar). Hal itu bukan karena kita layak menerimanya, namun untuk membuktikan bahwa Tuhan adalah Allah yang selalu memegang janji-Nya dan tidak pernah berbuat curang. Anda mau membuktikan hal ini? Mari hidup dalam kendali Tuhan.

Halaman :
1

Ikuti Kami