Atasi Dehidrasi Saat Imlek

Solusi Sehat / 23 January 2012

Kalangan Sendiri

Atasi Dehidrasi Saat Imlek

Lestari99 Official Writer
3271

Kesibukan merayakan Imlek seringkali membuat Anda lupa bahwa tubuh Anda mulai kekurangan cairan. Dehidrasi memang menunjukkan adanya gangguan dalam keseimbangan cairan tubuh, sehingga dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi lemah dan lesu.

Jangan sampai acara kumpul-kumpul keluarga Anda menjadi terganggu akibat ‘serangan’ dehidrasi. Selain mengkonsumsi air putih, berikut adalah resep aman untuk menghindari tubuh Anda kekurangan cairan.

Banyak Konsumsi Buah

Buah yang banyak mengandung air seperti semangka dan cranberry merupakan pilihan yang tepat. Semangka mengandung 90 persen air dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C dan A.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan potongan lemon atau jeruk nipis (boleh gabungan dari keduanya) ke dalam segelas air. Potongan buah ini akan menambah rasa dalam air yang Anda minum, namuan jangan tambahkan gula atau bahan lainnya.

Jauhi Kafein

Hindari kafein sejauh mungkin karena kafein cenderung menghambat manfaat air bagi tubuh. Hal ini karena kafein benar-benar menghapus kelembaban. Jika Anda membutuhkan minuman hangat, Anda bisa memilih teh herbal seperti teh hijau atau chamomile. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik dan mampu membersihkan tubuh sedangkan teh chamomile memiliki efek yang menenangkan. Jika Anda tak suka minum teh panas, masukkan teh ke dalam kulkas dan minumlah ketika dingin.

Sering Mengkonsumsi Sup

Sup umumnya berkuah. Di musim hujan seperti saat ini, mengambil manfaat dari semangkuk sup hangat merupakan cara terbaik untuk mendapatkan cairan dengan cara yang lezat dan mengenyangkan perut.

Hindari Sinar Matahari

Jangan berlama-lama terkena sinar matahari. Karena paparan sinar matahari dapat menimbulkan rasa dehidrasi pada tubuh Anda. Usahakan untuk berlindung di tempat sejuk.

Minuman Berenergi

Jika tidak ada makanan yang dapat Anda konsumsi dengan segera, maka pilihlah minuman berenergi. Minuman berenergi mengandung elektrolit yang membantu tubuh Anda menahan air dan menyimpan keseimbangan cairan dengan cepat.

Minuman berenergi juga dapat mencegah hyponatremia. Mengonsumsi minuman elektrolit memang dapat membantu mengganti cairan yang hilang dengan segera. Tapi tidak disarankan untuk meminum minuman berenergi setiap hari dan dalam jangka waktu yang panjang.

Kondisi letih dan lesu akibat dehidrasi mengingatkan kita bahwa tubuh kitapun membutuhkan Firman Tuhan untuk sehat secara rohani. Ketika kita tidak lagi haus akan Firman Tuhan, hidup kita akan kering sehingga seringkali dalam menghadapi tantangan, rasa putus asa melanda. Saat Anda minum, ingatlah bahwa Anda juga membutuhkan minuman rohani untuk menguatkan dan menyegarkan hidup Anda seutuhnya.

Sumber : inilah.com
Halaman :
1

Ikuti Kami