Chu Dong Wo De Xin, Lagu Indonesia Rasa China

Music Review / 23 January 2012

Kalangan Sendiri

Chu Dong Wo De Xin, Lagu Indonesia Rasa China

Budhi Marpaung Official Writer
7368

Menyambut Imlek yang jatuh pada hari ini, Jawaban.Com akan meresensi satu lagu rohani Indonesia yang telah mendapat sentuhan budaya Tionghoa. Diantara banyak lagu yang ada dan termasuk ke dalam kategori yang dicari oleh Jawaban.Com ini maka lagu ‘Chu Dong Wo De Xin’-nya Edward Chen atau dalam bahasa Indonesia ditulis dengan judul ‘Sentuh Hatiku’ terpilih sebagai lagu yang akan di-review Jawaban.Com kali ini.

Sebagai sebuah lagu terjemahan, ‘Chu Dong Wo De Xin’ merupakan lagu yang dapat dinilai sukses. Hal ini tentu saja tak bisa lepas dari arransemen musik, kualitas vokal penyanyi (dalam hal ini adalah Edward Chen), dan juga riset pasar yang dilakukan oleh pihak label.

Secara arransemen musik, ‘Chu Dong Wo De Xin’ tak terlalu banyak berubah dari versi asli Indonesia dimana tempo yang dipakai adalah tempo yang masih lambat. Hanya saja unsur-unsur bunyi/nada khas Tionghoa memberi pembeda rasa bagi para pendengarnya.

Dilihat dari kualitas vokal penyanyi, Edward Chen merupakan salah satu vokalis yang memiliki kualitas vokal layaknya penyanyi-penyanyi pop Mandarin yang lembut dan mendayu-dayu. Hal ini pula yang sepertinya membuat EC – demikian Edward Chen dipanggil- laris manis diundang di berbagai konser rohani maupun sekuler yang bertema mandarin. Albumnya bahkan termasuk yang ditunggu-tunggu setiap tahun oleh umat Kristen Indonesia yang menyenangi lagu-lagu oriental.

Selain  arransemen dan kualitas vokal, riset pasar pihak label adalah sesuatu yang tak bisa dikesampingkan begitu saja. Mengetahui bahwa penyuka lagu-lagu versi Tionghoa cukup besar di Indonesia maka mereka dengan yakin meluncurkan lagu-lagu dengan versi Mandarin. Pemilihan lagu ‘Sentuh Hatiku’ merupakan salah satu pilihan yang tepat karena lagu ini adalah lagu yang sudah lebih dulu terkenal sehingga para pendengarnya takkan kesulitan untuk memahami pesan yang disampaikan melalui lagu ‘Chu Dong Wo De Xin’.

Jadi bagi Anda yang ingin mendengar lagu rohani Indonesia versi Mandarin yang berkualitas, ‘Chu Dong Wo De Xin’ adalah pilihan paling pas yang takkan mengecewakan Anda.

Sumber : youtube/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami