Guru Jujur Kembalikan Uang Rp 90 T yang Bukan Miliknya

Nasional / 20 January 2012

Kalangan Sendiri

Guru Jujur Kembalikan Uang Rp 90 T yang Bukan Miliknya

Lois Official Writer
3494

Parijat Saha, seorang guru di India memperkirakan jumlah tabungannya paling banyak hanya US$ 200 atau sekitar Rp 1.8 juta. Namun, apa yang dilihatnya kemudian membuatnya kaget. Di dalam rekeningnya yang dia lihat melalui internet tertera angka US$ 9.8 miliar atau hampir mencapai Rp 90 triliun. Karena tak percaya, kembali Saha mengecek rekeningnya di mesin ATM terdekat. Hasilnya, sama saja.

Saha adalah seorang yang jujur, maka ia pun menelepon State Bank of India (SBI) untuk melaporkan keanehan tersebut. Pejabat bank yang memiliki motto ‘Perbankan aman bersama SBI’ tak ada yang bersedia mengomentari insiden ini. Tidak ada penjelasan dari bank mengenai sumber uang itu dan mengapa bisa masuk ke rekening Saha.

Untungnya, guru itu bisa mengambil uang US$ 200 miliknya. “Meski saya sudah menerima uang saya, rekening itu masih berisi uang miliaran dolar dan dinyatakan sebagai rekening tidak jelas. Entah sampai kapan saya harus menyimpan uang itu,” ujar Saha.

Menjadi seorang guru, tugasnya tidak hanya mengajar. Seorang guru juga harus dapat menjadi panutan di dalam hidupnya. Hal ini dibuktikan Saha. Dia jujur untuk mengembalikan apa yang bukan punyanya. Pembelajaran ini sungguh berharga sehingga akan tercipta generasi penerus yang jujur juga.

Sumber : bbcindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami