Anak Dapat Angpau, Mau Diapain Ya?

Parenting / 18 January 2012

Kalangan Sendiri

Anak Dapat Angpau, Mau Diapain Ya?

Lois Official Writer
3063

Di jaman dulu, angpao biasanya berupa manisan, bonbon, dan makanan. Seiring dengan perkembangan jaman, orangtua merasa lebih mudah memberikan uang dan membiarkan anak-anak memutuskan hadiah apa yang akan mereka beli. Namun, bukan berarti orangtua lepas tangan ketika anak-anak hendak memakai uang angpau itu. Berikut ini yang sebaiknya dilakukan orangtua yang sekaligus bisa dijadikan pelajaran bagi anak-anak :

Pergunakan Uang Angpau untuk Tujuan Jelas
Misalnya sang anak ingin membeli rumah boneka atau mungkin pesawat terbang yang menggunakan remote control. Anda bisa membuat menyarankan mereka untuk membeli barang-barang tersebut dengan hasil uang angpau, dengan catatan barang-barang yang diinginkan anak Anda memang suatu hal yang berguna.

Angpau Bisa Dijadikan Bisnis
Untuk yang satu ini, yang dimaksud angpau bisa dijadikan bisnis adalah ketika anak-anak, khususnya anak yang sudah beranjak remaja, bisa Anda sarankan agar uang hasil angpau itu dijadikan suatu usaha. Mereka bisa menjual pulsa elektrik sehingga uang angpau itu berlipat ganda.

Tanamkan Prinsip Menabung
Meski tidak semua uang angpau itu ditabung, namun setidaknya ada nominal tertentu agar anak-anak mau menabung uang itu. Hal ini berlaku untuk anak-anak yang sudah mengerti arti uang. Buat mereka berkomitmen untuk menyisihkan sekian persen ke dalam tabungan. Buat mereka yang masih kecil, sebaiknya uang hasil angpau itu bisa disimpan sebagian besar untuk pendidikan mereka atau sesuatu yang berguna lainnya dan berikan mereka uang secukupnya saja.

Sisihkan Juga Buat yang Membutuhkan
Di tengah kegembiraan dalam mendapatkan uang angpau, kita juga perlu menekankan kepada anak betapa ada orang lain tak seberuntung mereka. Timbulkan kasih sayang kepada orang lain di dalam hati anak Anda. Hal ini tentu akan membuat mereka rela memberikan sebagian uang untuk anak-anak lainnya yang kurang beruntung.

Sayang sekali jika uang angpau yang didapat oleh anak-anak Anda, dipakai untuk hal yang tidak jelas. Karena itu, ajarkan anak-anak Anda sedini mungkin cara penggunaan uang yang baik dan moment Imlek satu ini pun dapat dimanfaatkan. Selamat tahun baru China

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami